Searching...
Kamis, 30 September 2010

Ditemukan Jajanan Anak Berbahan Bahaya

VIVAnews -- Badan Pengawasan Obat dan Makanan NTB berhasil merazia seluruh pedagang makanan di 14 Sekolah Dasar di Mataram. Razia juga dilakukan disejumlah kantin sekolah. Sebelumnya, ditemukan jajanan mengandung bahan berbahaya seperti Rhodamin, Boraks dan Formalin.

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Mataram Dra Utami Ekaningtiyas mengatakan dalam tiga tahun terakhir sebanyak 32 % produk jajanan anak sekolah yang diperjual belikan mengandung mikroba yang melebihi batas. Bahkan 10 % juga mengandung Boraks, Rhodamin dan Formalin.

Dari hasil pengujian Badan POM Mataram menunjukkan banyak produk jajanan sekolah seperti mie basah, es campur, bakso cilok mengandung bahan berbahaya.

Di Sekolah Dasar Negeri 2 Mataram,Badan POM menemukan mie basah positif mengandung formalin. Formalin adalah larutan yang tidak berwarna dan baunya sangat menusuk. Formalin biasanya digunakan sebagai bahan perekat kayu lapis dan disinfektan untuk peralatan rumah sakit dan pengawet mayat.

"Formalin sangat berbahaya jika terhirup,mengenai kulit dan tertelan. Akibat yang ditimbulkan berupa luka bakar pada kulit, iritasi pada saluran dan menyebabkan kanker,"kata Utami kepada wartawan di Mataram Senin 4 Januari 2010.

Lebih lanjut dia mengatakan monitoring terhadap jajan anak sekolah dengan sampling dan uji laboratorium terhadap bahan yang beresiko terhadap kesehatan. Bahkan pada awal tahun 2009 Balai Besar POM di Mataram mengoperasikan satu unit mobil laboratorium keliling. Mobil tersebut dilengkapi alat uji cepat untuk diteksi bahan berbahaya.

Selama dua tahun terakhir Badan POM NTB menyita produk berbahaya dan produk ilegal, pangan ilegal senilai Rp400 juta. Mengatasi masalah itu Badan POM NTB sudah berkordinasi dengan sejumlah instansi baik Pemerintah Daerah dan Kepolisian.

Laporan: Edy Gustan | Mataram
• VIVAnew

Note:
ET Group memproduksi beberapa test kit analisis mutu pangan bermerk Easy Test dengan jenis varian antara lain Test Kit Formalin, Test Kit Boraks, Test Kit Methanil Yellow, Test Kit Rhodamine B, Test Kit Mutu Pangan 4 Varian, Test Kit Formalin Paket Industri, TEST KIT MUTU PANGAN 4 VARIAN (PAKET INDUSTRI), Test Kit Sianida, Test Kit Peroksida, Test Kit Hipoklorit (Kaporit), Test Kit Siklamat, Test Kit Sakarin, Test Kit Asam Salisilat, Test Kit Alkalinitas (Alkalinity), Test Kit Asam Sorbat, Test Kit Benzoat, Test Kit Oksalat (Oxalate), Test Kit Tiosianat (Thiocyanate), Test Kit Nitrit, Test Kit Iodat, Test Kit Oksalat, Test Kit Potassium Bromate (Kalium Bromat) dan macam-macam test kit lainnya.

EASY TEST KIT WEB SUPPORT - BAHASA INDONESIA: Easy Test Support, Penawaran Jual, Katalog Produk, ENGLISH LANGUAGE: Easy Test Support, Selling Offers, Products Catalog.

WEB SUPPORT RESMI CV. ET GROUP: CV. ET GROUP Business, Test Kit Shop, dan Easy Test Kit Info.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Back to top!