Searching...
Sabtu, 13 Oktober 2012

Orang Tua Murid Diminta Waspadai Jajanan Sekolah

SEMARANG, suaramerdeka.com - Orang tua murid khususnya anak usia SD diminta untuk mewaspadai konsumsi jajanan di lingkungan sekolah yang tidak memenuhi standarisasi kesehatan, karena mengandung berbagai jenis bahan kimia berbahaya.

Kekhawatiran Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Jawa Tengah itu terkait dengan masih tingginya angka berbagai jajanan anak-anak ditawarkan di sekolah yang lepas dari pengawasan baik orang tua atau pihak sekolah.

"Kami menganjurkan agar ibu-ibu orang tua murid membekali jajanan dari rumah. Bisa dimulai dengan dua kali dalam satu minggu dahulu, dan melarang putra-putrinya membeli jajanan terutama di luar pagar sekolah," kata Kepala BBPOM Jateng, Supriyanto Utomo, Senin (8/10).

Bukti masih tingginya angka pencemaran bahan berbahaya itu, pada 2012 periode Januari-Mei dan September-sekarang BBPOM Jateng telah melakukan pantauan terhadap 15 SD di Semarang dan 16 lainnya dari pemkab/kota dengan 403 sample. Sebanyak 250 memenuhi syarat kesehatan sedangkan 153 tidak.

Jenis jajanan yang dianggap berbahaya itu antara lain minuman, jeli, es-esan, bakso, mi, dan makanan kudapan. Dari 153 itu terdapat 3 jenis jajanan yang mengandung formalin, 2 borax, 6 rhodamin B, 1 auramin, 2 pencemaran logam berat, 74 mikro biologi, dan 127 pemanis buatan secara berlebihan.

Sedangkan BBPOM melakukan pengamatan melalui laboratorium keliling menggunakan mobil lab di 20 SD di Semarang dan 31 SD di Kabupaten/kota. Dari 536 sample yang diteliti, sebanyaki 17 jenis jajanan tidak memenuhi syarat. Dari ke 17 jenis jajanan itu ada 10 mengandung rhodamin B, 4 formalin, 2 borax dan 1 auramin.

"Efek mengonsumsi jajanan dengan kandungan bahan berbagaya iu memang tidak seketika, tapi beru ketahuan beberapa tahun kemudian. Misalnya muncul berbagai jenis penyakit kanker," kata Supriyanto. (Bambang Isti / CN27 / JBSM)

SUMBER ARTIKEL: suara merdeka (http://www.suaramerdeka.com/)

Note:
ET Group memproduksi beberapa test kit analisis mutu pangan bermerk Easy Test dengan jenis varian antara lain Test Kit Formalin, Test Kit Boraks, Test Kit Methanil Yellow, Test Kit Rhodamine B, Test Kit Mutu Pangan 4 Varian, Test Kit Formalin Paket Industri, TEST KIT MUTU PANGAN 4 VARIAN (PAKET INDUSTRI), Test Kit Sianida, Test Kit Peroksida, Test Kit Hipoklorit (Kaporit), Test Kit Siklamat, Test Kit Sakarin, Test Kit Asam Salisilat, Test Kit Alkalinitas (Alkalinity), Test Kit Asam Sorbat, Test Kit Benzoat, Test Kit Oksalat (Oxalate), Test Kit Tiosianat (Thiocyanate), Test Kit Nitrit, Test Kit Iodat, Test Kit Oksalat, Test Kit Potassium Bromate (Kalium Bromat) dan macam-macam test kit lainnya.

EASY TEST KIT WEB SUPPORT - BAHASA INDONESIA: Easy Test Support, Penawaran Jual, Katalog Produk, ENGLISH LANGUAGE: Easy Test Support, Selling Offers, Products Catalog.

WEB SUPPORT RESMI CV. ET GROUP: CV. ET GROUP Business, Test Kit Shop, dan Easy Test Kit Info.
bahan berbahaya, bahan tambahan pangan, berita bahan berbahaya, berita kami, boraks, easy test info, formalin, methanil yellow, rhodamine b, test kit, tips cerdas

0 komentar:

Posting Komentar

 
Back to top!