Searching...
Rabu, 25 Januari 2012

Waspadai Rhodamin pada Jajanan Sekolah

Denpasar (Bali Post) - Menjaga kesehatan dan keamanan jajanan anak sekolah, BPOM Denpasar rutin melakukan pemeriksaan yang dinamakan pemeriksaan laboratorium keliling. Tidak hanya pemeriksaan di kantin sekolah dan pasar tetapi juga penjual jajanan di luar sekolah. "Selain kantin sekolah, kami juga memeriksa pasar karena bahan makanan di kantin juga dibeli di pasar. Kami juga memeriksa jajanan yang dijual di luar sekolah," ujar Kasi Unit Layanan Pengaduan BPOM Denpasar, Made Ery Bahari.

Pemeriksaan laboratorium keliling tersebut rutin dilakukan setiap tahun. Tiap pemeriksaan yang diuji coba adalah adanya kandungan formalin, boraks dan pewarna seperti rhodamin. Kalau hasil rapid tesnya positif, baru diambil sampel untuk diperiksa secara menyeluruh di laboratorium. Berdasarkan hasil tiap pemeriksaan, yang paling sering ditemukan adanya rhodamin B yang dilarang pemakaiannya pada makanan. Rhodamin B, menurut Ery adalah pewarna untuk tekstil. Zat ini sering digunakan pedagang makanan karena warnanya tahan lama jika diaplikasikan pada makanan.

Bahayanya, jika sampai masuk dalam tubuh, rhodamin B akan menimbulkan iritasi pada saluran pencernaan atau bisa menyebabkan gangguan fungsi hati dan bisa berimbas ke kanker hati. Efeknya memang tidak langsung tetapi perlu jangka waktu lama. "Karena merupakan zat kimia, rhodamin tidak bisa dicerna dan mengendap di tubuh. Lama kelamaan bisa menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan sampai kanker hati," ujar Ery. (san)


Note:
ET Group memproduksi beberapa test kit analisis mutu pangan bermerk Easy Test dengan jenis varian antara lain Test Kit Formalin, Test Kit Boraks, Test Kit Methanil Yellow, Test Kit Rhodamine B, Test Kit Mutu Pangan 4 Varian, Test Kit Formalin Paket Industri, TEST KIT MUTU PANGAN 4 VARIAN (PAKET INDUSTRI), Test Kit Sianida, Test Kit Peroksida, Test Kit Hipoklorit (Kaporit), Test Kit Siklamat, Test Kit Sakarin, Test Kit Asam Salisilat, Test Kit Alkalinitas (Alkalinity), Test Kit Asam Sorbat, Test Kit Benzoat, Test Kit Oksalat (Oxalate), Test Kit Tiosianat (Thiocyanate), Test Kit Nitrit, Test Kit Iodat, Test Kit Oksalat, Test Kit Potassium Bromate (Kalium Bromat) dan macam-macam test kit lainnya.

EASY TEST KIT WEB SUPPORT - BAHASA INDONESIA: Easy Test Support, Penawaran Jual, Katalog Produk, ENGLISH LANGUAGE: Easy Test Support, Selling Offers, Products Catalog.

WEB SUPPORT RESMI CV. ET GROUP: CV. ET GROUP Business, Test Kit Shop, dan Easy Test Kit Info.

Tag: analisis cepat, bahan berbahaya pada makanan, boraks dalam makanan, cyanide test kit, easy test, formalin dalam makanan, info kita, nitrite tet kit, test kit, test kit borak, test kit formalin, test kit methanyl yellow, test kit nitrit, test kit pewarna batik, test kit rhodamin b, test kit sianida

0 komentar:

Posting Komentar

 
Back to top!