Searching...
Senin, 30 Januari 2012

Awas, Beredar Baso Ikan Berbalut Racun

Liputan6.com, Jakarta: Bagi Anda pencinta jajanan harus lebih waspada terhadap kualitas makanan yang dikonsumsi khususnya cemilan siap saji yang beredar di lingkungan masyarakat. Sebab belum lama ini terkuak fakta penggunaan bahan kimia berbahaya yang tidak layak dikonsumsi terkandung di salah satu jajanan populer yakni baso ikan di kawasan Jawa Barat.

Fakta tersebut didapat ketika Tim Sigi SCTV menyusuri sebuah pasar tradisional di kawasan Jawa Barat yang menjadi pusat bahan baku makanan. Langkah kami arahkan ke sejumlah pedagang untuk menggali informasi seputar penjualan makanan yang berisiko terhadap kesehatan tubuh. Info ini datang dari salah satu informan kami.

Belum ada penjelasan rinci, namun informasi yang didapat menyinggung soal kecurangan pada penjualan baso ikan. Mendapat informasi demikian, secara acak dibelilah baso ikan dengan tujuan mencari tahu adanya kandungan bahan kimia berbahaya atau tidak. Caranya, dengan diteliti di laboratorium untuk diuji.

Boleh jadi jadi sekian jenis baso ikan yang dibeli di pasar tradisional baik-baik saja dan tak berbahaya sebab diuji dengan dipotong dan dihancurkan, baso sama seperti yang lainnya tidak ada perbedaan. Namun dugaan baso ikan tak berisiko bagi kesehatan meleset. Sebab saat diuji dengan pembakaran, terbukti baso positif mengandung boraks.

Mendapati hasil mengejutkan ini, Tim Sigi kembali ke pasar tradisional menyelidiki asal bakso ikan berbahan kimia bukan untuk makanan tersebut. Saat melewati salah satu sekolah dasar, ada sejumlah pedagang yang menjual aneka jajajan. Sekadar menjajal peruntungan, kamera tersembunyi dioperasikan.

Tegang campur jantung berdebar dirasakan ketika mendapati adanya pedagang baso ikan di sana. Ditambah yang lebih mengejutkan, baso ikan yang dijual mirip bentuk dan warnanya dengan baso ikan yang sempat diuji di laboratorium sebelumnya dengan hasil mengandung boraks.

Karena rasa curiga, baso ikan itu akhirnya dibeli untuk kemudian diteliti di laboratorium. Perjalanan ke pasar tradisional kami teruskan, kali ini kami coba lewat pintu belakang. Titik terang dari penelusuran kami mulai nampak. Aktivitas pembuatan aneka macam baso tengah berlangsung, namun pembuatan baso ikan jadi fokus pengamatan.

Proses pembuatan baso seperti biasa diawali dari proses penggilingan. Kecurigaan mencuat saat kami melihat ada tumpukan kantong plastik yang keluar bau tak sedap. Rupanya bau itu berasal dari plastik berisi ikan untuk bahan dasar baso yang nampak tak segar dan mengeluarkan aroma yang memualkan.

Penasaran dengan kenyataan di lapangan dan hasil uji lab yang membuktikan adanya baso ikan yang diformulasikan dengan bahan kimia bukan untuk makanan, kami coba membeli sendiri bahan dasar baso ikan tersebut. Lokasi awal yang didatangi adalah kios bumbu masakan.

Satu kilogram adonan bahan baso telah di tangan, tinggal membeli ikan. Untuk membeli ikan, dipilihlah ikan segar. Semua siap digiling, namun proses pengerjaannya melalui order ke kios penggilingan. Adonan baso ikan kemudian dibawa ke Dinas Kesehatan Kabupaten untuk memastikan ada tidaknya bahan kimia berbahaya dari sejumlah bahan baku yang dibeli.

Alat uji cepat test borax milik Dinas Kesehatan dioperasikan. Rangkaian pengujian dilakukan mulai dari pemotongan hingga penghalusan baso ikan olahan. Hasilnya mencengangkan, bahan yang dibeli di pasar ternyata berbahaya dan diketahui positif mengandung boraks.

Sedikit informasi, boraks adalah kristal lunak mengandung unsur boron yang baik untuk tanaman. Boraks umumnya digunakan dalam perkebunan organik sebagai pengontrol rumput liar. Boraks dan air merupakan cara yang paling baik untuk membunuh tanaman yang tidak diinginkan di kebun semisal rumput liar, dan bersifat toksik atau beracun.

Dari hasil penelitian tadi, membuat semakin penasaran. Karena mulanya dengan membuat sendiri baso ikan, risiko ada bahan kimia berbahaya bisa diperkecil. Untuk menjawab rasa penasaran itu, penelusuran terus dilakukan. Informasi diperoleh berdasarkan keterangan dari seorang informan yang juga bekerja di salah satu tempat pembuatan baso ikan.

Bersama informan itu, tim sigi dibawa ke suatu tempat. Penjelasan meluncur dari mulut pembuat baso ikan tanpa curiga, kini tinggal mengatur strategi untuk mengetahui cara membuatnya. Caranya dengan membeli adonan baso di pasar tradisional dan dibawa ke tempat tadi untuk diolah. Ternyata dalam pembuatan baso ikan, digunakan pula bahan tawas dan benzoat atau pengawet makanan. Setelah itu, baso direbus hingga kenyal.

Menurut penelitian, zat kandungan tawas bisa membuat pikun orang yang menkonsumsinya dan berbahaya bagi tubuh tentunya karena mengandung racun yang merugikan kesehatan tubuh. Untuk itu bagi para orang tua, baiknya selalu mengingatkan buah hati masing-masing agar waspada memilih makanan dan minuman.

Bayangkan jika rata-rata manusia mengkonsumsi makanan tersebut setiap harinya, berapa banyak racun yang perlahan menggerogoti organ tubuh? Semoga kesadaran memproduksi makanan yang sehat dari para produsen makanan menjadi kenyataan yang sesungguhnya sehingga masyarakat tidak lagi menjadi korban. Tak ketinggalan peran pemerintah untuk mengawasi dan menindak tegas terhadap oknum produsen nakal juga perlu ditingkatkan. (BJK/Vin - Tim Sigi SCTV, 27/01/2012, 05:27)

SUMBER TULISAN: gunakan link ini

Note:
ET Group memproduksi beberapa test kit analisis mutu pangan bermerk Easy Test dengan jenis varian antara lain Test Kit Formalin, Test Kit Boraks, Test Kit Methanil Yellow, Test Kit Rhodamine B, Test Kit Mutu Pangan 4 Varian, Test Kit Formalin Paket Industri, TEST KIT MUTU PANGAN 4 VARIAN (PAKET INDUSTRI), Test Kit Sianida, Test Kit Peroksida, Test Kit Hipoklorit (Kaporit), Test Kit Siklamat, Test Kit Sakarin, Test Kit Asam Salisilat, Test Kit Alkalinitas (Alkalinity), Test Kit Asam Sorbat, Test Kit Benzoat, Test Kit Oksalat (Oxalate), Test Kit Tiosianat (Thiocyanate), Test Kit Nitrit, Test Kit Iodat, Test Kit Oksalat, Test Kit Potassium Bromate (Kalium Bromat) dan macam-macam test kit lainnya.

EASY TEST KIT WEB SUPPORT - BAHASA INDONESIA: Easy Test Support, Penawaran Jual, Katalog Produk, ENGLISH LANGUAGE: Easy Test Support, Selling Offers, Products Catalog.

WEB SUPPORT RESMI CV. ET GROUP: CV. ET GROUP Business, Test Kit Shop, dan Easy Test Kit Info.

Tag: analisis cepat, bahan berbahaya pada makanan, boraks dalam makanan, cyanide test kit, easy test, formalin dalam makanan, info kita, nitrite tet kit, test kit, test kit borak, test kit formalin, test kit methanyl yellow, test kit nitrit, test kit pewarna batik, test kit rhodamin b, test kit sianida

0 komentar:

Posting Komentar

 
Back to top!