Searching...
Kamis, 11 September 2014

Data Pemakai Formalin Pemkab Nunukan Beredar di Sosial Media

NUNUKAN - Pemerintah Kabupaten Nunukan, Selasa (9/9/2014) menggelar rapat untuk membahas tindaklanjut atas hasil temuan penggunaan bahan berbahaya pada makanan dan minuman. Dari pertemuan itu masyarakat berharap, Pemerintah Kabupaten Nunukan mengumumkan data pedagang maupun pengelola makanan dan minuman yang positif menggunakan bahan berbahaya seperti formalin pada barang dagangannya. Sayangnya, Pemerintah terkesan menutupi data itu.

Asisten Tata Pemerintahan Setkab Nunukan Abidin Tajang, usai memimpin rapat lintas instansi dimaksud menyilakan wartawan menghubungi Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah Nunukan, Munir untuk meminta data dimaksud. Sementara Munir menyebutkan data lengkap ada pada Dinas Kesehatan Nunukan.

Kepala Dinas Kesehatan Nunukan Dokter Haji Andi Akhmad hanya menyebutkan, sepanjang tahun 2014 ditemukan 26 sampel yang positif mengandung formalin, boraks, rhodamin B minuman dan sakarin atau pemanis buatan pada minuman. Formalin ditemukan pada daging ayam dan olahannya termasuk pada hati. Dari temuan-temaun dimaksud, 21 sampel ditemukan di Kecamatan Nunukan dan Kecamatan Nunukan Selatan sementara 5 sampel ditemukan di Kecamatan Siemenggaris, Kecamatan Sebuku,Kecamatan Tulin Onsoi dan Kecamatan Sembakung.

Di saat Pemerintah Kabupaten Nunukan menutupi data pedagang dan pengelola makanan yang menggunakan bahan berbahaya, data dimaksud justru beredar di facebook. Data yang disebutkan berasal dari Dinas Kesehatan Nunukan itu menjadi perbincangan pengguna dunia maya di Nunukan. “Banyaknya itu yg positif...ini serius media pada diam?” kata pemilik akun Dukun Sketsa.

“Sebenarnya perlu dicek langsung ke sumber ayamnya jga ni, kadang penjual makanan hanya membeli ayam tanpa tau kandungan formalin di dalamnya,” kata pemilik akun Andhyka Presetya.

Sementara pemilik akun Thomas Talimbung mengatakan, “Bagaimna dgn ikan di nunkn, apa aman jg, soalx klu ikan di tawao 100% mngandung pormalin.

Abidin Tajang mengatakan, saat ini Pemerintah Kabupaten Nunukan hanya memiliki peraturan daerah yang mengatur daging. Sementara diluar daging, mengacu pada aturan yang lebih tinggi seperti Peraturan Menteri dan Undang-Undang.

Sesuai peraturan daerah, terhadap para pedagang maupun pengelola makanan yang menggunakan bahan makanan berbahaya, akan diberikan pembinaan terlebih dahulu yang dilanjutkan dengan teguran hingga menutup usahanya, “Apabila dia menjual barang yang dimakan dan diminum membahayakan masyarakat. Karena ini untuk menjaga konsumen,” ujarnya.

Ia memastikan, Tim Ketahanan Pangan Pemerintah Kabupaten Nunukan yang terdiri dari satuan kerja perangkat daerah terkait seperti, Satuan Polisi Pamong Praja dan Linmas Nunukan, Dinas Kesehatan, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah, Dinas Pertanian dan Peternakan, Dinas Kelautan dan Perikanan serta Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluh Daerah, akan selalu turun mengambil sampel, untuk memastikan makanan dan minuman yang dijual benar-benar bebas dari bahan berbahaya.

“Saya sarankan tidak tiap hari. Karena kalau tiap hari mereka sudah tahu. Manakala kita lengah dia gunakan. Kita polakan setiap saat bisa turun. Ini rahasia,” ujarnya. (Sumber: tribunkaltim.co.id)

Semua informasi terbaru tentang produk Easy Test dapat anda lihat di, WEBSITE EASY TEST atau di BLOG TEST KIT SHOP

Informasi dan Pemesanan:
Email ke easy4test@yahoo.com / easy4test@gmail.com atau hubungi 085310135381, 085779721597, 087889441075.

Note:
ET Group memproduksi beberapa test kit analisis mutu pangan bermerk Easy Test dengan jenis varian antara lain Test Kit Formalin, Test Kit Boraks, Test Kit Methanil Yellow, Test Kit Rhodamine B, Test Kit Mutu Pangan 4 Varian, Test Kit Formalin Paket Industri, TEST KIT MUTU PANGAN 4 VARIAN (PAKET INDUSTRI), Test Kit Sianida, Test Kit Peroksida, Test Kit Hipoklorit (Kaporit), Test Kit Siklamat, Test Kit Sakarin, Test Kit Asam Salisilat, Test Kit Alkalinitas (Alkalinity), Test Kit Asam Sorbat, Test Kit Benzoat, Test Kit Oksalat (Oxalate), Test Kit Tiosianat (Thiocyanate), Test Kit Nitrit, Test Kit Iodat, Test Kit Oksalat, Test Kit Potassium Bromate (Kalium Bromat) dan macam-macam test kit lainnya.

EASY TEST KIT WEB SUPPORT - BAHASA INDONESIA: Easy Test Support, Penawaran Jual, Katalog Produk, ENGLISH LANGUAGE: Easy Test Support, Selling Offers, Products Catalog.

WEB SUPPORT RESMI CV. ET GROUP: CV. ET GROUP Business, Test Kit Shop, dan Easy Test Kit Info.
bahan berbahaya, bahan tambahan pangan, berita bahan berbahaya, berita kami, boraks, easy test info, formalin, methanil yellow, rhodamine b, test kit, tips cerdas

0 komentar:

Posting Komentar

 
Back to top!