Searching...
Rabu, 30 April 2014

Kembali ditemukan Mie Basah Mengandung Formalin di Jawa Tengah

Hari Kamis 3 April 2014 dini hari sekitar pukul 03.30 WIB tepat, Penyidik Pegawai Negeri Sipil BBPOM di Semarang melakukan inspeksi mendadak terhadap sebuah rumah yang diduga digunakan sebagai tempat produksi mie basah yang mengandung Formalin.

Inspeksi mendadak ini merupakan salah satu bentuk penertiban terhadap peredaran produk pangan berbahaya yang ditambahkan Formalin dalam rangka perlindungan terhadap masyarakat. Rumah yang menjadi target operasi beralamat di Jl Beringin, Tidar Kota Magelang. Barang bukti yang ditemukan berupa mie basah yang sudah siap diedarkan, Alat produksi dan cairan formalin, Barang bukti tersebut didatakan dan selanjutnya diangkut ke Kantor BBPOM di Semarang . Untuk memastikan bahwa mie basah tersebut mengandung bahan berbahaya jenis Formalin, PPNS BBPOM di Semarang melibatkan petugas dari Laboratorium untuk menguji secara langsung ditempat kejadian perkara. Dan dari pengujian yang dilakukan didapatkan bahwa mie basah yang diproduksi positif mengandung Formalin.

Dari penertiban ini ditetapkan tersangka berinisial AS dan akan dipanggil ke Kantor Balai Besar POM di Semarang untuk dimintai keterangan perihal tindakannya dalam memproduksi dan atau mengedarkan pangan yang mengandung bahan berbahaya formalin sebagaimana tertuang dalam pasal 136 Undang-undang RI no 18 Tahun 2012 tentang Pangan dan Pasal 62 ayat 1 UU RI No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Terkait pasal yang disangkakan Penyidik Balai Besar POM di Semarang terhadap tersangka AS, Tersangka AS terancam dengan hukuman penjara paling lama 5 (lima) tahun dan denda paling banyak Rp10.000.000.000,00 (sepuluh miliar rupiah).

Sebelum dilakukan Operasi penertiban mie basah di magelang, PPNS BBPOM di Semarang juga telah melakukan penertiban di Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Pekalongan pada tanggal 13 Maret 2014 dan ditetapkan 2 tersangka dengan inisial AS dan AL. Penertiban mie basah di Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten magelang ini dilakukan bersama dengan petugas PPNS dari Pusat Penyidikan BPOM RI. (Sumber: POM.go.id)

Note:
ET Group memproduksi beberapa test kit analisis mutu pangan bermerk Easy Test dengan jenis varian antara lain Test Kit Formalin, Test Kit Boraks, Test Kit Methanil Yellow, Test Kit Rhodamine B, Test Kit Mutu Pangan 4 Varian, Test Kit Formalin Paket Industri, TEST KIT MUTU PANGAN 4 VARIAN (PAKET INDUSTRI), Test Kit Sianida, Test Kit Peroksida, Test Kit Hipoklorit (Kaporit), Test Kit Siklamat, Test Kit Sakarin, Test Kit Asam Salisilat, Test Kit Alkalinitas (Alkalinity), Test Kit Asam Sorbat, Test Kit Benzoat, Test Kit Oksalat (Oxalate), Test Kit Tiosianat (Thiocyanate), Test Kit Nitrit, Test Kit Iodat, Test Kit Oksalat, Test Kit Potassium Bromate (Kalium Bromat) dan macam-macam test kit lainnya.

EASY TEST KIT WEB SUPPORT - BAHASA INDONESIA: Easy Test Support, Penawaran Jual, Katalog Produk, ENGLISH LANGUAGE: Easy Test Support, Selling Offers, Products Catalog.

WEB SUPPORT RESMI CV. ET GROUP: CV. ET GROUP Business, Test Kit Shop, dan Easy Test Kit Info.
bahan berbahaya, bahan tambahan pangan, berita bahan berbahaya, berita kami, boraks, easy test info, formalin, methanil yellow, rhodamine b, test kit, tips cerdas

0 komentar:

Posting Komentar

 
Back to top!