Searching...
Minggu, 21 April 2013

Uji Lab Daging Bakso Formalin Negatif

SIAK (RP) - Rumor yang beredar terhadap para penjual bakso di Siak yang menggunakan daging babi dan formalin ternyata tak benar.

Hal ini dibuktikan dengan hasil uji laboratorium Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Unit Pelayanan Terpadu (UPT) laboratorium vetriner dan klinik hewan Provinsi Riau di Pekanbaru.

Hasil uji lab dengan nomor: 524.36/LVKH-Spes/085 tertanggal 15 April 2013 menyebutkan, dari enam pemilik sekaligus penjual bakso di Siak dinyatakan negatif penggunaan formalin dan juga daging babi.

"Hasil ini menjawab atas rumor yang berkembang terhadap daging bakso di Siak," kata Kadis Perikanan dan Peternakan Siak drh Susilawati didampingi Kabid Kesehatan Hewan Giatno, Senin (15/4) di Siak.

Menurut dia, pasca beredarnya rumor terhadap daging bakso yang diduga menggunakan daging babi dan formalin, pihaknya langsung melakukan penggambilan sampel daging tersebut di enam penjual daging bakso di Siak.

Daging tersebut, langsung di bawa ke lab untuk dilakukan pengujian, hasilnya negatif. Bahkan pengujian ini rutin dilakukan tiap enam bulan sekali.

Kepada masyarakat, ia mengimbau agar jangan percaya terhadap isu-isu yang belum teruji kebenarannya.

Sebelumnya, rumor yang beredar terhadap adanya penggunaan formalin daging bakso di Siak berawal dari pesan pendek (SMS) warga yang dikirimkan kepada pejabat di Siak.

Dari pesan itu, Polsek Siak melakukan penyidikan terhadap nomor yang menyebarkan isu tersebut diketahui dari warga Merempan Hilir Kecamatan Mempura.

Saat dilakukan pemeriksaan, yang bersangkutan menyebutkan bahwa ia mendapatkan SMS serupa dari nomor yang tak dikenal. "Saat ditanyakan mana nomor tersebut, ia menyebut sudah dihapus," kata Kapolsek Siak Kompol Arwin.

Kata Arwin, seteleh menerima SMS itu, warga yang sehari-hari sebagai ibu rumah tangga langsung menyebarkan pada pejabat-pejabat di Pemkab Siak.

"Kasus ini masih penyidikan, simcard kartu yang dipakai warga ditahan untuk dilakukan pengujian, melalui perekaman data pesan pendek yang di cross cek pada provider seluler yang ia pakai," ujar Arwin.(aal)

SUMBER ARTIKEL: riaupos.co

Note:
ET Group memproduksi beberapa test kit analisis mutu pangan bermerk Easy Test dengan jenis varian antara lain Test Kit Formalin, Test Kit Boraks, Test Kit Methanil Yellow, Test Kit Rhodamine B, Test Kit Mutu Pangan 4 Varian, Test Kit Formalin Paket Industri, TEST KIT MUTU PANGAN 4 VARIAN (PAKET INDUSTRI), Test Kit Sianida, Test Kit Peroksida, Test Kit Hipoklorit (Kaporit), Test Kit Siklamat, Test Kit Sakarin, Test Kit Asam Salisilat, Test Kit Alkalinitas (Alkalinity), Test Kit Asam Sorbat, Test Kit Benzoat, Test Kit Oksalat (Oxalate), Test Kit Tiosianat (Thiocyanate), Test Kit Nitrit, Test Kit Iodat, Test Kit Oksalat, Test Kit Potassium Bromate (Kalium Bromat) dan macam-macam test kit lainnya.

EASY TEST KIT WEB SUPPORT - BAHASA INDONESIA: Easy Test Support, Penawaran Jual, Katalog Produk, ENGLISH LANGUAGE: Easy Test Support, Selling Offers, Products Catalog.

WEB SUPPORT RESMI CV. ET GROUP: CV. ET GROUP Business, Test Kit Shop, dan Easy Test Kit Info.
bahan berbahaya, bahan tambahan pangan, berita bahan berbahaya, berita kami, boraks, easy test info, formalin, methanil yellow, rhodamine b, test kit, tips cerdas

0 komentar:

Posting Komentar

 
Back to top!