Searching...
Minggu, 14 April 2013

Masih Saja Ada Jajanan Mengandung Boraks

PAREPARE, KOMPAS.Com -- Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Makassar, menemukan boraks, zat kimia berbahaya, di jajanan anak sekolah di Parepare, Sulawesi Selatan. Dari 38 sampel yang diuji, empek-empek telur yang dijual di depan salah satu sekolah, terbukti mengandung boraks.

"Berdasarkan hasil uji laboratorium oleh petugas melalui tes kit boraks terhadap jajanan berupa empek-empek telur positif mengandung zat berbahaya berupa boraks, yang dijual oleh pedagang menggunakan sepeda di depan komplek SD5, SD55 dan SD1," ungkap Kasi Sertifikasi Balai BPOM Makassar, Sudarmin, Kamis (21/02/2013).

Sudarmin mengatakan boraks sangat berbahaya bagi tubuh manusia jika tertelan, apalagi jika dikonsumsi anak-anak, dan dapat menyebabkan kematian. Memakan makanan mengandung boraks, imbuh dia, akan meningkatkan risiko terkena penyakit ginjal dan kanker usus.

 Pemeriksaan sampel makanan di sejumlah sekolah ini, ujar Sudarmin, dilakukan untuk meningkatkan kewaspadaan orang tua murid. Selain boraks, jajanan anak sekolah juga bisa mengandung formalin dan zat pewarna rodanim yang membahayakan kesehatan anak-anak.

"Kami tiap tahun terus memonitor dan menguji secara acak contoh-contoh penganan dan jajanan di sekolah-sekolah di lingkungan perkotaan. Sudah ada beberapa daerah yang kami periksa dan ada saja temuan," ungkap Sudarmin.

Masih adanya temuan jajanan dengan kandungan zat berbahaya, akan ditindaklanjuti dengan koordinasi bersama Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan setempat. Kedua instansi yang akan berkomunikasi dengan sekolah-sekolah yang di kawasannya masih ditemukan jajanan dengan zat berbahaya di dalamnya.

Sumber artikel: kompas.com

Note:
ET Group memproduksi beberapa test kit analisis mutu pangan bermerk Easy Test dengan jenis varian antara lain Test Kit Formalin, Test Kit Boraks, Test Kit Methanil Yellow, Test Kit Rhodamine B, Test Kit Mutu Pangan 4 Varian, Test Kit Formalin Paket Industri, TEST KIT MUTU PANGAN 4 VARIAN (PAKET INDUSTRI), Test Kit Sianida, Test Kit Peroksida, Test Kit Hipoklorit (Kaporit), Test Kit Siklamat, Test Kit Sakarin, Test Kit Asam Salisilat, Test Kit Alkalinitas (Alkalinity), Test Kit Asam Sorbat, Test Kit Benzoat, Test Kit Oksalat (Oxalate), Test Kit Tiosianat (Thiocyanate), Test Kit Nitrit, Test Kit Iodat, Test Kit Oksalat, Test Kit Potassium Bromate (Kalium Bromat) dan macam-macam test kit lainnya.

EASY TEST KIT WEB SUPPORT - BAHASA INDONESIA: Easy Test Support, Penawaran Jual, Katalog Produk, ENGLISH LANGUAGE: Easy Test Support, Selling Offers, Products Catalog.

WEB SUPPORT RESMI CV. ET GROUP: CV. ET GROUP Business, Test Kit Shop, dan Easy Test Kit Info.
bahan berbahaya, bahan tambahan pangan, berita bahan berbahaya, berita kami, boraks, easy test info, formalin, methanil yellow, rhodamine b, test kit, tips cerdas

0 komentar:

Posting Komentar

 
Back to top!