Searching...
Jumat, 08 Maret 2013

Awas! Bahan Kimia Berbahaya Dalam Makanan

Ngomel.com-Kerap kali kita tidak sadar kalau makanan yang dikonsumsi setiap hari mengandung zat-zat kimia yang berbahaya pada tubuh kita. Bahan kimia itu bisa berupa pewarna makanan, penyedap rasa dan dan bahan campuran lain. Kenapa kita tidak sadar? Karena dampaknya tidak langsung dirasakan. Kebanyakan kita akan mengetahui dampaknya dalam waktu yang lama.

Beberapa dampak bahan kimia yang ditimbulkan antara lain: kelainan genetik, memicu kanker, cacat bawaan, dlsb. Sangat sulit bagi kita untuk mengidentifikasi makanan-makanan terseebut, tetapi bila kita lebih selektif dalam memilih makanan bukan tidak mungkin kita dapat meminimalisir efek yang ditimbulkan.

Di bawah ini beberapa adalah contoh bahan-bahan yang bersifat racun kerap digunakan di dalam makanan yang bisa kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari :

1. Pewarna Sintetis
Pewarna sintesis kerap digunakan di dalam makanan karena dalam penggunaannya, makanan bisa dibentuk dengan ragam warna dan rupa yang sangat menarik selera. Tentu, penggunaan pewarna sintesa digunakan untuk mempercantik tampikan makanan sehingga menambah selera konsumen.
Ada 5 zat pewarna sintetis yang paling banyak digunakan di Indonesia, yaitu warna merah dan kuning. Keduanya adalah zat Rhodamine-B dan metanil yellow, golongan zat pewarna untuk mewarnai kertas, tekstil, cat, kulit dsb. Selain itu, boraks, juga merupakan zat pewarna favorit yang sering digunakan oleh produsen makanan.

2. Vetsin atau MSG
Vetsin atau Monosodium Glutamat (MSG) merupakan penyedap rasa masakan dan sangat populer. Hampir semua jenis makanan, cari makanan kecil (camilan) sampai makanan yang mengenyangkan seperti mie, bakso, dan masakan lainnya. MSG dapat menyebabkan degenerasi dan nekrosi sel-sel neuron, degenerasi dan nekrosis sel-sel syaraf lapisan dalam retina, menyebabkan mutasi sel, mengakibatkan kanker kolon dan hati, kanker ginjal, kanker otak dan merusak jaringan lemak.

3. Sodium Nitrit
Sodium nitrit atau yang disebut dengan nitrosamin adalah bahan kristal yang tak berwarna atau sedikit semu kuning. Nitrosamin dapat berbentuk bubuk, butir-butir, atau bongkahan yang tidak berbau. Jenis garam ini sangat digemari karena dapat mempertahankan warna asli daging serta memberikan aroma yang khas seperti sosis, keju, kornet, dendeng, ham, dan lain-lain.

Sodium nitrit adalah precursor dari nitrosamines, dan nitrosammes sudah dibuktikan bersifat karsinogenik pada berbagai jenis hewan percobaan. Oleh karena itu, pemakaian sodium nitrit harus hati-hati dan tidak boleh melampaui 500 ppm. Makanan bayi sama sekali dilarang mengandung sodium nitrit.

4. Sakarin
Sakarin juga berbentu bubuk kristal putih serta  tidak berbau. Tetapi bubuk ini terasa sangat manis, lebih manis dari pada gula biasa. Sakarin ini sangat populer dipakai sebagai bahan pengganti gula. Kebanyakan para epidemiolog dan peneliti berpendapat, sakarin dapat meningkatkan penyakit kanker kandung kemih pada manusia. Food and Drug Administation (FDA) Amerika menganjurkan untuk membatasi penggunaan sakarin hanya bagi para penderita kencing manis dan obesitas. Dosisnya agar tidak melampaui 1 gram setiap harinya.

5. Siklamat
Siklamat juga berbentuk bubuk kristal putih dan tidak berbau serta rasanya lebih manis dari gula biasa. Siklamat dapat mengakibatkan kromosom sel-sel tersebut pecah. Di Inggris penggunaan siklamat untuk makanan dan minuman sudah dilarang, demikian pula di beberapa negara Eropa dan Amerika Serikat.
Dari beberapa zat kimia di atas, sangat sulit sekali rasanya kita dapat menghindarinya. Apalagi dalam hal pemakaian vetsin pada makanan. Tetapi, dengan pola hidup sehat, kita dapat meminimalisir efek negatif yang ditimbulkan.

SUMBER ARTIKEL: ngomel.com

Note:
ET Group memproduksi beberapa test kit analisis mutu pangan bermerk Easy Test dengan jenis varian antara lain Test Kit Formalin, Test Kit Boraks, Test Kit Methanil Yellow, Test Kit Rhodamine B, Test Kit Mutu Pangan 4 Varian, Test Kit Formalin Paket Industri, TEST KIT MUTU PANGAN 4 VARIAN (PAKET INDUSTRI), Test Kit Sianida, Test Kit Peroksida, Test Kit Hipoklorit (Kaporit), Test Kit Siklamat, Test Kit Sakarin, Test Kit Asam Salisilat, Test Kit Alkalinitas (Alkalinity), Test Kit Asam Sorbat, Test Kit Benzoat, Test Kit Oksalat (Oxalate), Test Kit Tiosianat (Thiocyanate), Test Kit Nitrit, Test Kit Iodat, Test Kit Oksalat, Test Kit Potassium Bromate (Kalium Bromat) dan macam-macam test kit lainnya.

EASY TEST KIT WEB SUPPORT - BAHASA INDONESIA: Easy Test Support, Penawaran Jual, Katalog Produk, ENGLISH LANGUAGE: Easy Test Support, Selling Offers, Products Catalog.

WEB SUPPORT RESMI CV. ET GROUP: CV. ET GROUP Business, Test Kit Shop, dan Easy Test Kit Info.
bahan berbahaya, bahan tambahan pangan, berita bahan berbahaya, berita kami, boraks, easy test info, formalin, methanil yellow, rhodamine b, test kit, tips cerdas

0 komentar:

Posting Komentar

 
Back to top!