Searching...
Sabtu, 20 Agustus 2011

Di Pamekasan Pemakaian Formalin pada Makanan di Bulan Ramadhan Nihil

Pamekasan (beritajatim.com) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan bersama Tim Gabungan, yang terdiri dari Disperindag, Kantor Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian dan Satpol PP, bergerak cepat melakukan pengawasan terhadap peredaran formalin di wilayah tersebut.

Tim Gabungan melakukan pengecekan pada sasaran penjualan distributor bahan kimia seperti di sejumlah swalayan dan pasar tradisional. Apalagi, pada Ramadhan ini, dengan meningkatnya konsumsi makanan tidak menutup kemungkinan pemakaian formalin pada makanan juga meningkat.

"Tim operasi yang bergerak ke sejumlah pasar tradisional sejak awal Ramadhan tidak menemukan adanya penggunaan formalin seperti pada tahu dan mie," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan, Ismail Bey, Sabtu (13/8/2011).

Menurut dia, tidak ditemukannya makanan berformalin saat bulan puasa dipicu oleh konsumsi masyarakat yang dinilai tinggi. Untuk itu, makanan tidak membutuhkan keawetan lebih lama karena tingkat konsumsi masyarakat tinggi.

Saat ini, tambah Ismail, pihaknya tetap meningkatkan pengawasan terhadap makanan yang beredar di masyarakat. Tak hanya di pasar tradisional, pengawasan makanan juga direncanakan akan dilakukan pada tempat-tempat yang menjual makanan takjil untuk berbuka puasa.

"Kami sudah rencanakan ke Arek Lancor. Tapi, saya yakin di sana juga sangat aman dari penggunaan formalin. Akan tetapi, jika menemukan hal yang ganjil pada makanan yang dibeli, masyarakat bisa langsung melaporkannya kepada kami. Tak hanya untuk makanan berformalin, tetapi juga makanan lain misalnya yang telah lewat masa kedaluwarsa atau tak layak konsumsi seperti daging ayam bangkai," terangnya.

Khusus untuk makanan berformalin, kata dia, petunjuk yang bisa didapat untuk membedakan dengan makanan tak berformalin adalah teksturnya terlampau keras namun tidak padat. Selain itu, tahu berformalin juga tak rusak jika disimpan selama tiga hari pada suhu kamar. (Sabtu, 13 Agustus 2011 12:45:42 WIB, Reporter : Harisandi Savari)

LINK SUMBER: Klik link ini

Note:
ET Group memproduksi beberapa test kit analisis mutu pangan bermerk Easy Test dengan jenis varian antara lain Test Kit Formalin, Test Kit Boraks, Test Kit Methanil Yellow, Test Kit Rhodamine B, Test Kit Mutu Pangan 4 Varian, Test Kit Formalin Paket Industri, TEST KIT MUTU PANGAN 4 VARIAN (PAKET INDUSTRI), Test Kit Sianida, Test Kit Peroksida, Test Kit Hipoklorit (Kaporit), Test Kit Siklamat, Test Kit Sakarin, Test Kit Asam Salisilat, Test Kit Alkalinitas (Alkalinity), Test Kit Asam Sorbat, Test Kit Benzoat, Test Kit Oksalat (Oxalate), Test Kit Tiosianat (Thiocyanate), Test Kit Nitrit, Test Kit Iodat, Test Kit Oksalat, Test Kit Potassium Bromate (Kalium Bromat) dan macam-macam test kit lainnya.

EASY TEST KIT WEB SUPPORT - BAHASA INDONESIA: Easy Test Support, Penawaran Jual, Katalog Produk, ENGLISH LANGUAGE: Easy Test Support, Selling Offers, Products Catalog.

WEB SUPPORT RESMI CV. ET GROUP: CV. ET GROUP Business, Test Kit Shop, dan Easy Test Kit Info.

Tag: analisis cepat, bahan berbahaya pada makanan, easy test, info kita, test kit, test kit borak, test kit formalin, test kit methanyl yellow, test kit pewarna batik, test kit rhodamin b

0 komentar:

Posting Komentar

 
Back to top!