Searching...
Kamis, 18 Agustus 2011

Cegah Borax dan Formalin, Penganan Buka Puasa Dirazia

BANDA ACEH – Tim gabungan Pemerintah Kota Banda Aceh merazia sejumlah jajanan penganan berbuka puasa di Pasar Aceh dan Peunayong, Kamis (11/8) sore, untuk mengantisipasi adanya pemakaian zat berbahaya bagi kesehatan.

Tim dipimpin Illiza Saaduddin Jamal, Wakil Walikota Banda Aceh terdiri dari Badan Pemeriksaan Obat dan Makanan (BPOM) Aceh dan Dinas Kesehatan kota mengambil 20 sampel makanan, untuk diperiksa apakah mengandung zat kimia seperti formalin, borax, metanil yellow (zat pewarna), dan rodhamin B.

Jajanan dirazia seperti cendol, mie, kue dan berbagai makanan serta minuman lainnya yang banyak dijual untuk warga selama bulan puasa.

“Dari 20 sample yang kita periksa dari pasar Peunayong dan Pasar Atjeh semuanya aman untuk dikonsumsi, tidak ada makanan yang mengandung zat-zat berbahaya,” kata Illiza disela razia.

Zat seperti formalin dan borax sering digunakan pedagang nakal selain untuk mengawetkan juga agar jajanannya terlihat menarik.

Menurut Hasbi, Kepala Bidang Pengujian Pangan dan Bahan Berbahaya BPOM Aceh, formalin adalah zat untuk mengawetkan mayat, sangat berbahaya kalau dicampur dalam makanan atau minuman.

“Jika dikonsumsi maka akan menyebabkan gangguan pencernaan, iritasi lambung,mual, dan muntah, serta jika dikonsumsi dalam jangka waku yang lama akan menyebabkan kanker dan berbagai penyakit lainnya,” jelasnya.

Sample jajanan diambil itu langsung dites di mobil Laboratorium keliling Badan POM. Meski hasil sementara aman untuk dikonsumsi, petugas tetap akan lanjutkan pemeriksaan lagi ke laboratorium BPOM.

“Ini hanya hasil sementara, nantinya akan kita lanjutkan lagi ke laboratorium di Badan POM,” kata Hasbi.

Ini bukan razia pertama dilakukan tim gabungan. Pekan lalu tim juga menggelar razia serupa dan menemukan mie kuning yang mengandung formalin dikawasan Peunayong.

Pedagang diharapkan tak mencampuri zat berbahaya dalam jajanannya. “Jika kedapatan maka akan kita tindak tegas,” kata Illiza.

LINK SUMBER, klik disini


Note:
ET Group memproduksi beberapa test kit analisis mutu pangan bermerk Easy Test dengan jenis varian antara lain Test Kit Formalin, Test Kit Boraks, Test Kit Methanil Yellow, Test Kit Rhodamine B, Test Kit Mutu Pangan 4 Varian, Test Kit Formalin Paket Industri, TEST KIT MUTU PANGAN 4 VARIAN (PAKET INDUSTRI), Test Kit Sianida, Test Kit Peroksida, Test Kit Hipoklorit (Kaporit), Test Kit Siklamat, Test Kit Sakarin, Test Kit Asam Salisilat, Test Kit Alkalinitas (Alkalinity), Test Kit Asam Sorbat, Test Kit Benzoat, Test Kit Oksalat (Oxalate), Test Kit Tiosianat (Thiocyanate), Test Kit Nitrit, Test Kit Iodat, Test Kit Oksalat, Test Kit Potassium Bromate (Kalium Bromat) dan macam-macam test kit lainnya.

EASY TEST KIT WEB SUPPORT - BAHASA INDONESIA: Easy Test Support, Penawaran Jual, Katalog Produk, ENGLISH LANGUAGE: Easy Test Support, Selling Offers, Products Catalog.

WEB SUPPORT RESMI CV. ET GROUP: CV. ET GROUP Business, Test Kit Shop, dan Easy Test Kit Info.

Tag: analisis cepat, bahan berbahaya pada makanan, easy test, info kita, test kit, test kit borak, test kit formalin, test kit methanyl yellow, test kit pewarna batik, test kit rhodamin b

0 komentar:

Posting Komentar

 
Back to top!