Searching...
Sabtu, 28 Agustus 2010

Pewarna Batik dalam Makanan

Selain formalin dan boraks, beberapa jenis bahan makanan yang diuji BPOM juga mengandung bahan berbahaya berupa zat pewarna untuk tekstil, kertas atau cat. Dua zat warna yang banyak dijumpai berada dalam makanan adalah Rhodamin B dan Methanyl Yellow.

Pemakaian zat warna ini pada makanan sangat berbahaya karena bisa menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Rhodamin B, pada paparan yang tinggi dan dalam jangka waktu cukup lama, dapat memicu kanker serta merusak ginjal dan hati. Metanil Yellow dalam jangka panjang dapat menyebabkan kanker pada saluran kencing, terutama pada kandung kemih.

Yang memprihatinkan, bahan-bahan tersebut ditambahkan pada jajanan untuk anak-anak seperti sirup, bubur mutiara, harum manis, kue bolu, kerupuk dan lain-lain. Penyalahgunaan Rhodamin B dan Methanil yellow pada pangan adalah untuk memperoleh warna yang bagus, menarik, mantap dan tahan lama.


RHODAMIN B

Rhodamin B adalah pewarna sintetis berwarna merah yang digunakan pada industri tekstil dan kertas. Rhodamin B berbentuk kristal merah keunguan dan dalam larutan akan berwarna merah terang berpendar (berfluorosensi kuat). Jika Anda menjumpai makanan dengan warna merah terang/mencolok, berhati-hatilah. Mungkin makanan itu mengandung Rhodamin B.

Rhodamin B umumnya disalaggunakan untuk mewarnai kue basah, saus, sirup dan kerupuk. Ciri makanan yang menggunakan zat ini, selain berwarna mencolok, ada sedikit rasa pahit (terutama sirup atau limun), ada rasa gatal di tenggorokan, dan baunya tidak alami.


METHANIL YELLOW

Methanil Yellow adalah zat warna kuning kecoklatan dan berbentuk padat atau serbuk. Seperti Rhodamin B, Methanil Yellow juga disalahgunakan untuk kue-kue basah, saus, sirup dan kerupuk, bahkan juga tahu. Padahal zat ini sehari-hari digunakan untuk tekstil, cat kayu dan cat lukis. Betapa bahayanya bila zat ini sampai masuk ke dalam tubuh.

Jangan terlalu mudah tertarik pada makanan dengan warna sangat mencolok. Boleh jadi, pewarna yang digunakan adalah pewarna tekstil atau cat.

Note:
ET Group memproduksi beberapa test kit analisis mutu pangan bermerk Easy Test dengan jenis varian antara lain Test Kit Formalin, Test Kit Boraks, Test Kit Methanil Yellow, Test Kit Rhodamine B, Test Kit Mutu Pangan 4 Varian, Test Kit Formalin Paket Industri, TEST KIT MUTU PANGAN 4 VARIAN (PAKET INDUSTRI), Test Kit Sianida, Test Kit Peroksida, Test Kit Hipoklorit (Kaporit), Test Kit Siklamat, Test Kit Sakarin, Test Kit Asam Salisilat, Test Kit Alkalinitas (Alkalinity), Test Kit Asam Sorbat, Test Kit Benzoat, Test Kit Oksalat (Oxalate), Test Kit Tiosianat (Thiocyanate), Test Kit Nitrit, Test Kit Iodat, Test Kit Oksalat, Test Kit Potassium Bromate (Kalium Bromat) dan macam-macam test kit lainnya.

EASY TEST KIT WEB SUPPORT - BAHASA INDONESIA: Easy Test Support, Penawaran Jual, Katalog Produk, ENGLISH LANGUAGE: Easy Test Support, Selling Offers, Products Catalog.

WEB SUPPORT RESMI CV. ET GROUP: CV. ET GROUP Business, Test Kit Shop, dan Easy Test Kit Info.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Back to top!