Searching...
Selasa, 30 Desember 2014

Hati-hati, Masih Ada Formalin di Makanan yang Dijual di Pasar

JOGJA— Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) DIY masih menemukan pewarna rhodamin dan pengawet formalin dalam makanan dan bahan makanan yang dijual di sejumlah pasar di DIY.

Hal itu ditemukan dalam pemeriksaan BPOM terhadap 50 sampel makanan di lima pasar besar yang tersebar di lima wilayah DIY. Dari hasil pemeriksaan tersebut, 26 sampel memenuhi syarat peredaran makanan dan sebanyak 24 sampel tidak memenuhi syarat.

Dari yang tidak memenuhi syarat, 83% sampel menggunakan rhodamin dan 17% lainnya menggunakan formalin. “Warga sebaiknya lebih berhati-hati ketika membeli bahan makanan,” katanya di Kompleks Kepatihan Danurejan, Jogja, Selasa (23/12/2014).

Bahan pewarna rhodamin ditemukan pada sejumlah produk makanan lokal seperti getuk lindri, lempeng, kerupuk, serondok, arumanis dan rengginang. Produk-produk tersebut umumnya berasal dari daerah di luar DIY seperti Kebumen, Kutoarjo dan Klaten, Jawa Tengah.

Bahan pengawet formalin ditemukan pada produk mi basah. Produk tersebut lagi-lagi berasal dari luar DIY seperti Magelang dan Klaten. Menurut Tri, BPOM sudah berkali-kali memeriksa produk makanan yang diproduksi di Jogja.

Dari hasil pemeriksaan, produk-produk Jogja sudah tidak lagi menggunakan formalin ataupun rhodamin.

“Ternyata pedagang-pedagang di pasar justru mengambil bahan dari luar Jogja dengan alasan lebih awet. Ya wajar lebih awet karena menggunakan formalin tapi berbahaya bagi tubuh,” kata Tri.

Untuk mengenal lebih jauh BAHAYA FORMALIN, Silahkan Anda baca artikel lengkap Detail Bahaya Formalin Terhadap Kesehatan di LINK INI

Sumber Artikel: harianjogja.com

Semua informasi terbaru tentang produk Easy Test dapat anda lihat di, WEBSITE EASY TEST atau di BLOG TEST KIT SHOP

Informasi dan Pemesanan:
Email ke easy4test@yahoo.com / easy4test@gmail.com atau hubungi 085310135381, 085779721597, 087889441075.

Note:
ET Group memproduksi beberapa test kit analisis mutu pangan bermerk Easy Test dengan jenis varian antara lain Test Kit Formalin, Test Kit Boraks, Test Kit Methanil Yellow, Test Kit Rhodamine B, Test Kit Mutu Pangan 4 Varian, Test Kit Formalin Paket Industri, TEST KIT MUTU PANGAN 4 VARIAN (PAKET INDUSTRI), Test Kit Sianida, Test Kit Peroksida, Test Kit Hipoklorit (Kaporit), Test Kit Siklamat, Test Kit Sakarin, Test Kit Asam Salisilat, Test Kit Alkalinitas (Alkalinity), Test Kit Asam Sorbat, Test Kit Benzoat, Test Kit Oksalat (Oxalate), Test Kit Tiosianat (Thiocyanate), Test Kit Nitrit, Test Kit Iodat, Test Kit Oksalat, Test Kit Potassium Bromate (Kalium Bromat) dan macam-macam test kit lainnya.

EASY TEST KIT WEB SUPPORT - BAHASA INDONESIA: Easy Test Support, Penawaran Jual, Katalog Produk, ENGLISH LANGUAGE: Easy Test Support, Selling Offers, Products Catalog.

WEB SUPPORT RESMI CV. ET GROUP: CV. ET GROUP Business, Test Kit Shop, dan Easy Test Kit Info.
bahan berbahaya, bahan tambahan pangan, berita bahan berbahaya, berita kami, boraks, easy test info, formalin, methanil yellow, rhodamine b, test kit, tips cerdas

0 komentar:

Posting Komentar

 
Back to top!