Searching...
Selasa, 10 Juni 2014

Polisi Sita Makanan untuk Capres yang Mengandung Formalin

JAYAPURA - Ratusan makanan ringan atau snack dan buah yang rencananya akan disajikan untuk tim rombongan salah seorang calon presiden di Papua, diketahui mengandung boraks dan formalin.

Temuan ini didapati tim food security Polda Papua setelah memeriksa ratusan snack dan buah serta air mineral sebelum disajikan kepada tim rombongan dalam acara kampanye dialogis yang berlangsung di auditorium RRI Jayapura malam tadi.

Alhasil, ratusan snack yang terdiri dari 10 jenis hanya empat jenis saja bisa disajikan. Selaian itu, buah yang disajikan sebanyak dua jenis telah dinyatakan bebas formalin dan boraks.

Jenis makanan yang diketahui mengandung boraks antara lain wingko, chiffon cake, bolu, chesee cake, kroket kentang, kroket daging, serta buah anggur.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Polisi Sulistio Pudjo, menuturkan, enam dari 10 sampel snack yang dilakukan uji Lab dinyatakan mengandung boraks dan formalin, termasuk buah-buahan yang dijual dalam bentuk kemasan.

"Iya, memang dari hasil pemeriksaan kami tadi ada ditemukan makanan yang mengandung boraks dan juga formalin. Kita ketahui Formalin biasanya digunakan untuk mengawetkan jenazah, tapi ini malah digunakan untuk makanan. Kalau dikonsumsi oleh tubuh kita itu nantinya akan mengganggu kesehatan," ujar Sulistio Pudjo, Kamis (5/6/2014) malam.

Dia menjelaskan, penggunaan Formalin pada buah-buahan yang dipasok dari pulau Jawa bertujuan untuk mengawetkan buah, mengingat lama proses pengiriman dari pulau Jawa ke Papua.

Sedangkan penggunaan Boraks pada makanan atau snack yang diperjualbelikan di beberapa toko kue di Kota Jayapura, semata-mata untuk meraih keuntungan lebih besar.

"Kalau untuk buah anggur, biasanya mereka merendam selama dua hari menggunakan Boraks. Supaya apa? Supaya awet buahnya, kan kita tau, jarak tempuh pulau Jawa ke Papua itu kan satu minggu. Kalau tidak diawetkan nanti malah rusak buahnya, makanya digunakan formalin itu," paparnya.

Sulistio Pudjo mengimbau masyarakat untuk jeli dalam membeli snack dan buah yang beredar luas di supermarket-supermarket di Kota Jayapura. Masyarakat juga diminta untuk melapor ke pihak berwenang jika melihat atau mencurigai beredarnya makanan mengandung boraks dan formalin.

Ning, pembeli snack dan buah mengandung boraks, mengungkapkan, dirinya membeli ratusan snack dan aneka buah itu di salah satu toko roti terkenal di Kota Jayapura. Dia sama sekali tidak menyangka jika jajanan yang dibelinya ternyata mengandung bahan berbahaya.

"Saya tidak tau kalau di toko roti tersebut barang yang dijual mengandung bahan berbahaya. Selama ini saya pikir aman-aman saja, karena memang di toko itu pelanggannya cukup banyak, hampir se-Kota Jayapura ini, tapi sekarang baru saya tau. Yang pasti ke depan saya akan lebih berhati-hati," ujar Ning. (sumber: okezone.com)

Semua informasi terbaru tentang produk Easy Test dapat anda lihat di, WEBSITE EASY TEST atau di BLOG TEST KIT SHOP

Informasi dan Pemesanan:
Email ke easy4test@yahoo.com / easy4test@gmail.com atau hubungi 085310135381, 085779721597, 087889441075.

Note:
ET Group memproduksi beberapa test kit analisis mutu pangan bermerk Easy Test dengan jenis varian antara lain Test Kit Formalin, Test Kit Boraks, Test Kit Methanil Yellow, Test Kit Rhodamine B, Test Kit Mutu Pangan 4 Varian, Test Kit Formalin Paket Industri, TEST KIT MUTU PANGAN 4 VARIAN (PAKET INDUSTRI), Test Kit Sianida, Test Kit Peroksida, Test Kit Hipoklorit (Kaporit), Test Kit Siklamat, Test Kit Sakarin, Test Kit Asam Salisilat, Test Kit Alkalinitas (Alkalinity), Test Kit Asam Sorbat, Test Kit Benzoat, Test Kit Oksalat (Oxalate), Test Kit Tiosianat (Thiocyanate), Test Kit Nitrit, Test Kit Iodat, Test Kit Oksalat, Test Kit Potassium Bromate (Kalium Bromat) dan macam-macam test kit lainnya.

EASY TEST KIT WEB SUPPORT - BAHASA INDONESIA: Easy Test Support, Penawaran Jual, Katalog Produk, ENGLISH LANGUAGE: Easy Test Support, Selling Offers, Products Catalog.

WEB SUPPORT RESMI CV. ET GROUP: CV. ET GROUP Business, Test Kit Shop, dan Easy Test Kit Info.
bahan berbahaya, bahan tambahan pangan, berita bahan berbahaya, berita kami, boraks, easy test info, formalin, methanil yellow, rhodamine b, test kit, tips cerdas

0 komentar:

Posting Komentar

 
Back to top!