Searching...
Selasa, 27 Mei 2014

Dinkes Muara Enim Periksa Jajanan Anak SD di Lawang Kidul

MUARA ENIM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Muara Enim dalam beberapa hari ini berkeliling untuk memeriksa jajanan makanan dan minuman di beberapa Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Lawang Kidul, Tanjung Enim dan sekitarnya. Hal ini dilakukan guna memastikan bahwa jajanan yang akan di konsumsi siswa bisa terjamin kesehatannya ataupun tidak mengandung bahan yang berbahaya.

Dijumpai reporter RGBA FM, beberapa petugas kesehatan dengan mobil Laboratorium kelilingnya sedang menyambangi 3 Sekolah Dasar, antara lain, SDN 1, SDN 3, dan SDN 6 Lawang Kidul di Jalan Lingga Raya Tanjung Enim. Dalam pantauan petugas di tiga sekolah tersebut dinyatakan aman. Namun para petugas tetap memberikan himbauan kepada pihak pengelola kantin dan sekolah untuk tidak menyediakan makanan dan minuman yang berbahaya.

Dibincangi media radio ini, Vivi, salah satu petugas kesehatan mengatakan, dalam setiap kunjungan petugas kesehatan selalu menghimbau kepada sekolah untuk memperhatikan kesehatan jajanan yang beredar. Kata dia, tidak menutup kemungkinan jajanan yang dijual di sekolah tersebut mengandung zat-zat yang berbahaya.

“Dengan adanya pemeriksaan seperti ini, setidaknya jajanan yang dibuat pedagang didalam kantin sekolaha bisa dikontrol,”terangnya.

Ia menyampaikan, zat berbahaya yang terkandung didalam makanan seperti formalin, borak, dan zat lainnya akan mengganggu tumbuh kembang anak dan kesehatan siswa-siswi itu sendiri.

“Kita sudah lakukan pemeriksaan kelapangan sejak tahun 2012 dengan menggunakan mobil Laboratorium keliling ini. Dan sudah dalam satu tahun ini saja, kita telah menggunjungi sekitar enam kecamatan. Mulai dari Kecamatan Muara Enim, Gunung Megang, Rambang Dangku , Gelumbang , Lawang Kidul,Tanjung Enim dan Tanjung Agung” ujarnya.

Dijelaskan dia juga, dalam kegiatan pemeriksaan makanan tersebut, pihaknya telah menyiapkan alat khusus yang ada di dalam mobil Laboratorium. Sehingga, sample makanan yang sudah dilakukan pemeriksaan oleh petugas dapat diketahui langsung hasilnya.

“Hasilnya dapat langsung kita ketahui di tempat. Jika ditemukan makanan terindikasi mengandung zat berbahaya, maka kami menyarankan kepada penjual untuk dibuang. Selain itu, kami sarankan kepada penjual mei, untuk menggunakan mei yang mempunyai label badan Pom resmi,”jelasnya.

Masih kata dia, kepada seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Muara Enim, di minta mengaktifkan petugas UKS di sekolah untuk melakukan pemantauan kesehatan jajanan di sekolah secara kontinyu. Kepada masyarakat khususnya orang tua, supaya dapat menghimbau kepada anaknya untuk dapat memilih jajanan yang sehat dan menjauhi makanan dan minuman yang dijual di luar kantin sekolah.

“Usahakan siswa sebelum berangkat sekolah sarapan dulu di rumah. Diberikan pengertian kepada anak-anak, sebaiknya uang saku anak yang dibawa untuk ditabung saja,”pungkasnya. (@ldo_BAFM).

Semua informasi terbaru tentang produk Easy Test dapat anda lihat di, WEBSITE EASY TEST atau di BLOG TEST KIT SHOP

Informasi dan Pemesanan:
Email ke easy4test@yahoo.com / easy4test@gmail.com atau hubungi 085310135381, 085779721597, 087889441075.

Note:
ET Group memproduksi beberapa test kit analisis mutu pangan bermerk Easy Test dengan jenis varian antara lain Test Kit Formalin, Test Kit Boraks, Test Kit Methanil Yellow, Test Kit Rhodamine B, Test Kit Mutu Pangan 4 Varian, Test Kit Formalin Paket Industri, TEST KIT MUTU PANGAN 4 VARIAN (PAKET INDUSTRI), Test Kit Sianida, Test Kit Peroksida, Test Kit Hipoklorit (Kaporit), Test Kit Siklamat, Test Kit Sakarin, Test Kit Asam Salisilat, Test Kit Alkalinitas (Alkalinity), Test Kit Asam Sorbat, Test Kit Benzoat, Test Kit Oksalat (Oxalate), Test Kit Tiosianat (Thiocyanate), Test Kit Nitrit, Test Kit Iodat, Test Kit Oksalat, Test Kit Potassium Bromate (Kalium Bromat) dan macam-macam test kit lainnya.

EASY TEST KIT WEB SUPPORT - BAHASA INDONESIA: Easy Test Support, Penawaran Jual, Katalog Produk, ENGLISH LANGUAGE: Easy Test Support, Selling Offers, Products Catalog.

WEB SUPPORT RESMI CV. ET GROUP: CV. ET GROUP Business, Test Kit Shop, dan Easy Test Kit Info.
bahan berbahaya, bahan tambahan pangan, berita bahan berbahaya, berita kami, boraks, easy test info, formalin, methanil yellow, rhodamine b, test kit, tips cerdas

0 komentar:

Posting Komentar

 
Back to top!