Searching...
Sabtu, 04 Mei 2013

Makanan yang mengandung sulfit

Bagi penderita asma, jenis makanan yang harus dihindari adalah makanan yang mengandung sulfit. Bahan sulfit banyak digunakan sebagai bahan pengawet di sebagian besar produk makanan, dengan nama turunan seperti sulfur dioksida, kalium bisulfit atau kalium metabisulfit, natrium bisulfit, natrium metabisulfit, atau natrium sulfit.

Berikut adalah ciri dan jenis makanan yang harus dihindari tersebut:

1. Udang beku dan produk pengawet
Sebagai makanan yang diawetkan udang beku membutuhkan pengawet untuk mempertahankan masa simpannya, pengawet yang umum digunakan adalah sulfit. Penggunaan sulfit diperlukan untuk untuk mencegah pembentukan flek hitam pada udang yang dapat menurunkan mutunya. Oleh karena itu, tidak heran jika sulfit ditemukan dalam jumlah tinggi pada produk udang beku. Namun, jika ingin tetap mengkonsumsi udang sebaiknya dilakukan dalam bentuk segar. Sulfit juga banyak ditemukan dalam produk pangan yang diawetkan lainnya, seperti kentang goreng kemasan, kismis, nanas, aprikot, dan cranberry.

2. Minuman sari buah, teh, dan bir
Dalam bentuk olahan, produk-produk tersebut banyak mengandung sulfit yang berasal dari pengawet yang digunakan. Pengawet biasa dipakai untuk mencegah pertumbuhan bakteri-bakteri yang merugikan. Pada awalnya pengaruh minuman-minuman tersebut akan menyebabkan kulit memerah, biduran, sakit perut atau diare, dan tekanan darah yang meningkat. Jika terjadi pada penderita asma dapat beresiko menyebabkan gejala shock anafilaksis yang fatal. Mekanisme ini terjadi karena sulfit akan membentuk gas ketika bercampur dengan air liur yang berada dalam mulut sehingga kemudian menghasilkan gas. Reaksi tersebut akan menyebabkan saluran pernapasan menjadi tegang dan menyempit. Pada beberapa orang, pengawet mengakibatkan organ hati tidak mampu mengkonversi sulfit akibat kekurangan enzim oksidase sulfit, sehingga akan memicu kenaikkan jumlah sulfit dalam tubuh.

3. Makanan fermentasi Manisan
Berbagai makanan fermentasi seperti paprika, manisan, dan acar banyak mengandung sulfit. Sulfit yang terdapat dalam makanan tersebut merupakan hasil samping dari proses fermentasi, sehingga setiap produk fermentasi dapat mengandung sulfit dalam jumlah tertentu. Ini tentu berbahaya untuk penderita asma.

4. Pangan penghasil sulfit
Secara alami sulfit juga dapat ditemukan di beberapa bahan pangan hasil pertanian. Beberapa bahan pangan tersebut adalah asparagus, daun bawang, pati jagung, telur, bawang putih, selada, sirop, salmon, kedelai, dan tomat.

Akibat negatif sulfit yang sekarang ramai didiskusikan oleh para ahli adalah ditemukannya sulfit dapat menimbulkan asma (asthma) pada orang–orang tertentu. Senyawa aktif yang dapat menyebabkan asma tersebut adalah gas belerang dioksida yang terhirup pada waktu mengkonsumsi makanan yang diawetkan dengan sulfit.

Sesuatu hasil penelitian di Australia menunjukkan bahwa sekitar 30-40% anak-anak mempunyai gejala penyakit asma, sedangkan pada orang tua angkanya lebih kecil yaitu sekitar 1-5 persen. Dari jumlah ini, sekitar 25% sensitif trehadap sulfit.

Easy test secara eksklusif meluncurkan Test Kit Sulfit yang dapat mendeteksi kandungan sulfit secara cepat dan mudah pada bahan uji padatan atau minuman dengan minimal deteksi 10 ppm.



ISI TEST KIT:
- 1 botol REAGENT A (volume 10 ml)
- 1 botol REAGENT B (volume 10 ml)
- 1 botol kaca untuk pengujian
- 1 lembar petunjuk pemakaian test kit

HARGA TEST KIT:

HUBUNGI KAMI - (untuk 50 kali pengujian) - belum termasuk ongkos kirim

Informasi dan Pemesanan:
Email ke easy4test@yahoo.com / easy4test@gmail.com atau hubungi 085310135381, 085779721597


Note:
ET Group memproduksi beberapa test kit analisis mutu pangan bermerk Easy Test dengan jenis varian antara lain Test Kit Formalin, Test Kit Boraks, Test Kit Methanil Yellow, Test Kit Rhodamine B, Test Kit Mutu Pangan 4 Varian, Test Kit Formalin Paket Industri, TEST KIT MUTU PANGAN 4 VARIAN (PAKET INDUSTRI), Test Kit Sianida, Test Kit Peroksida, Test Kit Hipoklorit (Kaporit), Test Kit Siklamat, Test Kit Sakarin, Test Kit Asam Salisilat, Test Kit Alkalinitas (Alkalinity), Test Kit Asam Sorbat, Test Kit Benzoat, Test Kit Oksalat (Oxalate), Test Kit Tiosianat (Thiocyanate), Test Kit Nitrit, Test Kit Iodat, Test Kit Oksalat, Test Kit Potassium Bromate (Kalium Bromat) dan macam-macam test kit lainnya.

EASY TEST KIT WEB SUPPORT - BAHASA INDONESIA: Easy Test Support, Penawaran Jual, Katalog Produk, ENGLISH LANGUAGE: Easy Test Support, Selling Offers, Products Catalog.

WEB SUPPORT RESMI CV. ET GROUP: CV. ET GROUP Business, Test Kit Shop, dan Easy Test Kit Info.
bahan berbahaya, bahan tambahan pangan, berita bahan berbahaya, berita kami, boraks, easy test info, formalin, methanil yellow, rhodamine b, test kit, tips cerdas

0 komentar:

Posting Komentar

 
Back to top!