Searching...
Rabu, 08 Agustus 2012

Awas! Ditemukan Mi Basah dan Teri Berformalin

SEMARANG, KOMPAS.com - Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Semarang menemukan mi basah dan teri nasi mengandung formalin saat inspeksi mendadak di Pasar Gayamsari Semarang, Kamis (2/8/2012).

Selain itu, petugas juga masih menemukan bahan makanan mengandung pewarna tekstil seperti rhodamin B dan auramin pada kerupuk dan sejumlah jajan pasar dengan warna merah dan kuning mencolok.

Sejumlah petugas setidaknya mengambil 22 sampel makanan seperti kerupuk, kolang-kaling, agar-agar, teri, mie basah, rengginan dan sejumlah jajanan pasar. "Berdasarkan pemeriksaan petugas yang diuji langsung masih ditemukan bahan makanan yang mengandung zat berbahaya," ungkap Matius Kristiyanto Pengawas Farmasi dan Makanan Ahli Muda BPOM Semarang.

Penggunaan zat kimia berbahaya tersebut, dalam jangka waktu lama akan menimbulkan penyakit. Masyarakat pun diharapkan lebih teliti dan pintar dalam memilih bahan makanan yang sehat. "Pada penjual akan diberikan bimbingan, selain itu kami akan cari produsennya untuk nantinya dilakukan tindakan. Sedangkan bahan makanan yang ada akan disita dan dimusnahkan," ujarnya.

Pemeriksaan dengan uji langsung ini, ungkapnya dilaksanakan secara rutin terutama di bulan Ramadhan. Namun, masih saja ditemukan bahan makanan yang mengandung zat kimia berbahaya yang merugikan konsumen. "Pengawasan ini dilakukan sebagai bentuk perlindungan pada masyarakat, cara untuk memilih makanan yang sehat juga terus kami sosialisasikan pada masyarakat," tambahnya.

Pengawasan makanan dilakukan oleh sejumlah tim secara tersebar di berbagai pasar di Kota Semarang seperti Pasar Jatingaleh dan Banyumanik. Kegiatan ini ungkapnya akan terus dilakukan hingga menjelang lebaran pada berbagai produk termasuk parcel lebaran.

Sumber Artikel: Kompas.com, Editor : Glori K. Wadrianto

Note:
ET Group memproduksi beberapa test kit analisis mutu pangan bermerk Easy Test dengan jenis varian antara lain Test Kit Formalin, Test Kit Boraks, Test Kit Methanil Yellow, Test Kit Rhodamine B, Test Kit Mutu Pangan 4 Varian, Test Kit Formalin Paket Industri, TEST KIT MUTU PANGAN 4 VARIAN (PAKET INDUSTRI), Test Kit Sianida, Test Kit Peroksida, Test Kit Hipoklorit (Kaporit), Test Kit Siklamat, Test Kit Sakarin, Test Kit Asam Salisilat, Test Kit Alkalinitas (Alkalinity), Test Kit Asam Sorbat, Test Kit Benzoat, Test Kit Oksalat (Oxalate), Test Kit Tiosianat (Thiocyanate), Test Kit Nitrit, Test Kit Iodat, Test Kit Oksalat, Test Kit Potassium Bromate (Kalium Bromat) dan macam-macam test kit lainnya.

EASY TEST KIT WEB SUPPORT - BAHASA INDONESIA: Easy Test Support, Penawaran Jual, Katalog Produk, ENGLISH LANGUAGE: Easy Test Support, Selling Offers, Products Catalog.

WEB SUPPORT RESMI CV. ET GROUP: CV. ET GROUP Business, Test Kit Shop, dan Easy Test Kit Info.

Tag: analisis cepat, bahan berbahaya pada makanan, boraks dalam makanan, cyanide test kit, easy test, formalin dalam makanan, info kita, nitrite test kit, test kit, test kit borak, test kit formalin, test kit methanyl yellow, test kit nitrit, test kit pewarna batik, test kit rhodamin b, test kit sianida

0 komentar:

Posting Komentar

 
Back to top!