Searching...
Rabu, 08 Agustus 2012

11 Sampel Makanan Positif Mengandung Bahan Berbahaya

KARANGANYAR, suaramerdeka.com - Dari 37 sampel makanan yang disita dari beberapa pasar tradisional dalam inspeksi mendadak (sidak) yang dilakukan Dinas Kesehatan, terbukti 11 sampel mengandung bahan berbahaya. Antara lain Rhodamin B, borax, dan formalin.

‘’Kami mengambil 37 sampel makanan, mulai dari bakso, mi basah, makanan anak-anak, kue kering, dan juga ikan asin. Setelah itu kami cek ke laboratorium, hasilnya memang beberapa positif,’’ kata Fatkhul Munir, Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinkes Karanganyar.

Dia mengatakan, sampel diperoleh dari beberapa pedagang di pasar Jungke, Pasar Tegalgede, Pasar Palur dan Pasar Karangpandan. Ada makanan basah, kue kering dan penganan yang umumnya berwarna warni dan sangat mencolok. Kebanyakan makanan anak-anak.

Rhodamin B terdapat pada makanan anak-anak aneka warna, yang sangat menarik dan sudah dikemas di toples, serta harganya sangat murah. Formalin terdapat pada ikan asin, borax terdapat pada mi basah di Karangpandan.

‘’Baksonya malah bebas borax, tetapi mi basahnya yang boraxnya sangat tinggi kadarnya. Begitu pula kadar formalin di ikan asin. Untuk Rhodamin B, bahan pewarna yang digunakan bahan pewarna kain, dan itu dilarang digunakan untuk makanan,’’ kata dia.

Dengan penemuan itu, pihaknya hanya akan merekomendasikan kepada Lurah Pasar untuk menindaklanjuti. Para pedagangnya akan dikumpulkan untuk diimbau tidak menjual lagi barang-barang tersebut.

‘’Karena mereka hanya pedagang kecil di pasar, jadi kami hanya menyarankan agar makanan itu dikembalikan ke distributornya. Biasanya mereka mendapatkan setoran dari petugas distributor, dan setiap pekan mengembalikan sisanya. Nah, nanti disarankan dikembalikan semua dan tidak boleh jualan lagi barang itu,’’ kata Munir. ( Joko Dwi Hastanto / CN34 / JBSM )

SUMBER ARTIKEL: suaramerdeka.com

Note:
ET Group memproduksi beberapa test kit analisis mutu pangan bermerk Easy Test dengan jenis varian antara lain Test Kit Formalin, Test Kit Boraks, Test Kit Methanil Yellow, Test Kit Rhodamine B, Test Kit Mutu Pangan 4 Varian, Test Kit Formalin Paket Industri, TEST KIT MUTU PANGAN 4 VARIAN (PAKET INDUSTRI), Test Kit Sianida, Test Kit Peroksida, Test Kit Hipoklorit (Kaporit), Test Kit Siklamat, Test Kit Sakarin, Test Kit Asam Salisilat, Test Kit Alkalinitas (Alkalinity), Test Kit Asam Sorbat, Test Kit Benzoat, Test Kit Oksalat (Oxalate), Test Kit Tiosianat (Thiocyanate), Test Kit Nitrit, Test Kit Iodat, Test Kit Oksalat, Test Kit Potassium Bromate (Kalium Bromat) dan macam-macam test kit lainnya.

EASY TEST KIT WEB SUPPORT - BAHASA INDONESIA: Easy Test Support, Penawaran Jual, Katalog Produk, ENGLISH LANGUAGE: Easy Test Support, Selling Offers, Products Catalog.

WEB SUPPORT RESMI CV. ET GROUP: CV. ET GROUP Business, Test Kit Shop, dan Easy Test Kit Info.

Tag: analisis cepat, bahan berbahaya pada makanan, boraks dalam makanan, cyanide test kit, easy test, formalin dalam makanan, info kita, nitrite test kit, test kit, test kit borak, test kit formalin, test kit methanyl yellow, test kit nitrit, test kit pewarna batik, test kit rhodamin b, test kit sianida

0 komentar:

Posting Komentar

 
Back to top!