Searching...
Kamis, 10 November 2011

Ikan Berformalin Bahaya untuk Tubuh

BAHAN makanan sehat bisa tidak menyehatkan bagi tubuh lantaran pengolahan yang salah. Hasil laut, misalnya, bisa menyebabkan beragam penyakit akibat “tangan usil”.

Indonesia sangat kaya akan hasil laut, khususnya ikan. Kandungan asam lemak omega-3 pada ikan membuatnya baik untuk jantung dan kecerdasan.

Sayang, perilaku masyarakat sendiri yang menyebabkan ikan bisa menjadi pemicu beragam penyakit. “Nelayan Indonesia kebanyakan ke tengah laut mencari ikan tidak membawa es (agar ikan segar lebih lama-red), melainkan formalin,” kata Prof Dr Ir Ali Khomsan selaku Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor pada acara “Edukasi Dini Pentingnya Sarapan” oleh Blue Band dan Sari Roti di kawasan Cinere, Depok, Selasa (1/11/2011).

Formalin masih juga digunakan pada proses pengasinan ikan. “Begitu juga ketika penjemuran ikan asin. Agar tidak dihinggapi lalat, mereka menyemprotkan formalin. Saya rasa itu bahayanya ikan,” tambahnya.

Formalin adalah bahan kimia yang digunakan sebagai pengawet. Sebenarnya formalin berfungsi sebagai desinfektan, tapi disalahgunakan oleh sebagian orang untuk mengawetkan ikan demi mencegah kerugian. Formalin berguna sebagai desinfektan karena membunuh sebagian besar bakteri dan jamur.

Berikut ciri-ciri ikan yang mengandung formalin:
1. Tidak rusak sampai tiga hari pada suhu kamar (25 derajat Celsius).
2. Warna insang merah tua dan tidak cemerlang, bukan merah segar.
3. Warna daging ikan putih bersih.
4. Bau menyengat, bau formalin, dan kulit terlihat cerah mengkilat.
5. Daging kenyal.
6. Lebih awet dan tidak mudah busuk walau tanpa pengawet seperti es.
7. Ikan berformalin dijauhi lalat.
8. Tidak terasa bau amis ikan.

Sementara, ciri-ciri ikan asin berformalin adalah tidak rusak sampai lebih dari sebulan pada suhu kamar(25 derajat Celsius), warna bersih dan cerah, tidak berbau khas ikan asin dan tidak mudah hancur, serta tidak dihinggapi oleh lalat bila diletakkan di tempat terbuka. (ftr, Lastri Marselina - Okezone)

SUMBER TULISAN: http://lifestyle.okezone.com/read/2011/11/02/195/523967/ikan-berformalin-bahaya-untuk-tubuh

Note:
ET Group memproduksi beberapa test kit analisis mutu pangan bermerk Easy Test dengan jenis varian antara lain Test Kit Formalin, Test Kit Boraks, Test Kit Methanil Yellow, Test Kit Rhodamine B, Test Kit Mutu Pangan 4 Varian, Test Kit Formalin Paket Industri, TEST KIT MUTU PANGAN 4 VARIAN (PAKET INDUSTRI), Test Kit Sianida, Test Kit Peroksida, Test Kit Hipoklorit (Kaporit), Test Kit Siklamat, Test Kit Sakarin, Test Kit Asam Salisilat, Test Kit Alkalinitas (Alkalinity), Test Kit Asam Sorbat, Test Kit Benzoat, Test Kit Oksalat (Oxalate), Test Kit Tiosianat (Thiocyanate), Test Kit Nitrit, Test Kit Iodat, Test Kit Oksalat, Test Kit Potassium Bromate (Kalium Bromat) dan macam-macam test kit lainnya.

EASY TEST KIT WEB SUPPORT - BAHASA INDONESIA: Easy Test Support, Penawaran Jual, Katalog Produk, ENGLISH LANGUAGE: Easy Test Support, Selling Offers, Products Catalog.

WEB SUPPORT RESMI CV. ET GROUP: CV. ET GROUP Business, Test Kit Shop, dan Easy Test Kit Info.

Tag: analisis cepat, bahan berbahaya pada makanan, easy test, info kita, test kit, test kit borak, test kit formalin, test kit methanyl yellow, test kit pewarna batik, test kit rhodamin b

0 komentar:

Posting Komentar

 
Back to top!