Searching...
Selasa, 19 Juli 2011

Stop Penggunaan Formalin

SUNGAILIAT, BANGKAPOS.com -- Sebuah spanduk bertuliskan "Stop Penggunaan Formalin" tampak terpampang jelas dengan huruf yang cukup besar di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang berada di kawasan Pelabuhan Perikanan Nusantara Sungailiat, Kamis (14/4/2011).

Sosialisasi terhadap berbahayanya penggunaan zat kimia ini untuk mengawetkan ikan dan bahan pangan lainnya kini semakin gencar dilakukan instansi terkait karena dampaknya yang dapat merusak kesehatan.

Formalin jika tertelan dapat menyebabkan rasa terbakar pada mulut dan kerongkongan, jika terhirup formalin dalam jangka lama dapat menyebabkan kanker hidung, dan formalin juga dapat menyebabkan kelainan genetikan pada manusia. Padahal, formalin digunakan untuk pengawet mayat, pembunuh kuman, pengawet produk kosmetik dan pengeras kuku serta perekat kayu lapis.

Ciri ciri produk pangan yang mengandung formalin adalah pada ikan segar warna insang merah tua dan tidak cemerlang bukan merah segar dan tidak rusak sampai tiga hari pada suhu kamar. Sedangkan pada mie tampak tidak lengket dan tidak mudah putus dan formalin pada ayam dapat dicirikan dengan bertekstur kencang, sehingga konsumen pun mesti lebih berhati-hati dalam memilih produk.

Laporan Wartawan Bangka Pos, Sasmita (Bangkapos.com - Kamis, 14 April 2011 15:03 WIB)


Note:
ET Group memproduksi beberapa test kit analisis mutu pangan bermerk Easy Test dengan jenis varian antara lain Test Kit Formalin, Test Kit Boraks, Test Kit Methanil Yellow, Test Kit Rhodamine B, Test Kit Mutu Pangan 4 Varian, Test Kit Formalin Paket Industri, TEST KIT MUTU PANGAN 4 VARIAN (PAKET INDUSTRI), Test Kit Sianida, Test Kit Peroksida, Test Kit Hipoklorit (Kaporit), Test Kit Siklamat, Test Kit Sakarin, Test Kit Asam Salisilat, Test Kit Alkalinitas (Alkalinity), Test Kit Asam Sorbat, Test Kit Benzoat, Test Kit Oksalat (Oxalate), Test Kit Tiosianat (Thiocyanate), Test Kit Nitrit, Test Kit Iodat, Test Kit Oksalat, Test Kit Potassium Bromate (Kalium Bromat) dan macam-macam test kit lainnya.

EASY TEST KIT WEB SUPPORT - BAHASA INDONESIA: Easy Test Support, Penawaran Jual, Katalog Produk, ENGLISH LANGUAGE: Easy Test Support, Selling Offers, Products Catalog.

WEB SUPPORT RESMI CV. ET GROUP: CV. ET GROUP Business, Test Kit Shop, dan Easy Test Kit Info.

Tag: analisis cepat, bahan berbahaya pada makanan, easy test, info kita, test kit, test kit borak, test kit formalin, test kit methanyl yellow, test kit pewarna batik, test kit rhodamin b

0 komentar:

Posting Komentar

 
Back to top!