Searching...
Minggu, 31 Juli 2011

Bakso, otak-otak ikan berformalin ditemukan di Pasar Minggu

Jakarta - Menjelang bulan Ramadhan, Sudin Peternakan dan Perikanan Jakarta Selatan meningkatkan frekuensi operasi pasar yang digelar di wilayahnya.

Dalam operasi pasar kali ini, petugas lebih manargetkan pemeriksaan sejumlah makanan yang diduga mengandung unsur berbahaya seperti formalin. Biasanya, kandungan formalin ditemukan pada ikan dan hasil olahan ikan yang dijual secara bebas di pasaran.

“Tugas kami menjamin keamanan dan ketersediaan ikan yang dijual di pasar-pasar yang ada di Jakarta Selatan,” kata Muhammad Mikron, Kasie Perikanan, Sudin Peternakan dan Perikanan Jakarta Selatan, di sela-sela kegiatan operasi pasar di Pasar Minggu, Rabu (6/7).

Adapun dalam operasi yang digelar di Pasar Minggu ini, pihaknya mengambil puluhan sampel ikan beserta olahannya dari para pedagang yang berjualan di sana. “Kami mengambil sebanyak 62 sampel ikan dari 17 pedagang untuk dijadikan sampel,” kata Mikron, tulis beritajakarta.com.

Untuk melancarkan kegiatan operasi pasar ini, pihak Sudin Peternakan dan Perikanan Jakarta Selatan memboyong alat laboratorium ke Pasar Minggu, sehingga bisa langsung dilakukan pengujian. Setelah diperiksa, ternyata hasilnya cukup mengkhawatirkan. Terbukti, olahan ikan berupa bakso ikan dan otak-otak ternyata diketahui mengandung formalin.

"Ini bahaya, karena keduanya sangat diminati masyarakat sebagai makanan yang tergolong instan. Efek kumulatifnya, bagi yang mengonsumsinya bisa terkena penyakit kanker," papar Mikron.

Sementara itu, Sudiono, Kepala PD Jaya Pasarminggu menambahkan, pedagang yang diketahui menggunakan formalin pada barang dagangannya akan diberikan surat peringatan tegas. "Jika nanti saat pemeriksaan kembali ditemukan formalin, mereka tidak akan diizinkan berdagang di pasar ini," tegas dia.

LINK SUMBER ARTIKEL: lihat disini


Note:
ET Group memproduksi beberapa test kit analisis mutu pangan bermerk Easy Test dengan jenis varian antara lain Test Kit Formalin, Test Kit Boraks, Test Kit Methanil Yellow, Test Kit Rhodamine B, Test Kit Mutu Pangan 4 Varian, Test Kit Formalin Paket Industri, TEST KIT MUTU PANGAN 4 VARIAN (PAKET INDUSTRI), Test Kit Sianida, Test Kit Peroksida, Test Kit Hipoklorit (Kaporit), Test Kit Siklamat, Test Kit Sakarin, Test Kit Asam Salisilat, Test Kit Alkalinitas (Alkalinity), Test Kit Asam Sorbat, Test Kit Benzoat, Test Kit Oksalat (Oxalate), Test Kit Tiosianat (Thiocyanate), Test Kit Nitrit, Test Kit Iodat, Test Kit Oksalat, Test Kit Potassium Bromate (Kalium Bromat) dan macam-macam test kit lainnya.

EASY TEST KIT WEB SUPPORT - BAHASA INDONESIA: Easy Test Support, Penawaran Jual, Katalog Produk, ENGLISH LANGUAGE: Easy Test Support, Selling Offers, Products Catalog.

WEB SUPPORT RESMI CV. ET GROUP: CV. ET GROUP Business, Test Kit Shop, dan Easy Test Kit Info.

Tag: analisis cepat, bahan berbahaya pada makanan, easy test, info kita, test kit, test kit borak, test kit formalin, test kit methanyl yellow, test kit pewarna batik, test kit rhodamin b

0 komentar:

Posting Komentar

 
Back to top!