Searching...
Jumat, 12 November 2010

Roti Berjamur dan Ayam Berformalin Ditemukan di Pasar Cirebon

TEMPO Interaktif, Cirebon - Petugas Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Cirebon menemukan roti yang sudah berjamur di salah satu pasar tradisional di Kabupaten Cirebon. Selain itu petugas pun menemukan daging yang dianggap tidak layak konsumsi.

Berdasarkan pantauan, sejumlah petugas dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Cirebon dipimpin langsung oleh kepala dinasnya, Haqi, melakukan sidak di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Cirebon. Pasar yang disidak antara lain Pasar Sumber dan Pasar Pasalaran,Plered.

Di kios milik Hada di Pasar Pasalaran, Plered, petugas menemukan roti yang sudah berjamur. Jika dilihat dari tanggal kadaluarsa sebenarnya masih menyisakan satu hari, namun roti tawar itu terlihat sudah ditumbuhi jamur. Ada pula roti-roti kecil serta sejumlah sirup yang seharusnya sudah memasuki tanggal kadaluarsa namun masih dipajang dan dijual di kios itu. Petugas pun langsung membeli makanan kadaluarsa itu untuk sampel dan diuji coba di laboratorium.

Di pasar itu pun ditemukan adanya daging ayam yang diduga menggunakan formalin. Daging ayam yang dijual oleh Burhan tersebut terlihat sangat mengkilat serta tidak dikerubuti lalat. Petugas pun menemukan adanya daging sapi impor yang warnanya sudah pucat dan tidak segar. Daging impor itu diakui penjualnya berasal dari Jakarta.

Saat dites menggunakan alat, ternyata tingkat keasaman (PH) daging masih 5,5 atau masih bisa dikonsumsi. Seharusnya daging impor ini disimpan di lemari pendingin bukan di hawa terbuka seperti di pasar.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Cirebon, Haqi, mengungkapkan pihaknya akan memberikan peringatan keras kepada produsen roti yang menyalurkan roti kadaluarsa dan berbuluk kepada konsumen. "Kepada pedagang pun kami meminta untuk tidak menjual produk-produk yang tidak layak untuk dikonsumsi," katanya. (IVANSYAH)

Note:
ET Group memproduksi beberapa test kit analisis mutu pangan bermerk Easy Test dengan jenis varian antara lain Test Kit Formalin, Test Kit Boraks, Test Kit Methanil Yellow, Test Kit Rhodamine B, Test Kit Mutu Pangan 4 Varian, Test Kit Formalin Paket Industri, TEST KIT MUTU PANGAN 4 VARIAN (PAKET INDUSTRI), Test Kit Sianida, Test Kit Peroksida, Test Kit Hipoklorit (Kaporit), Test Kit Siklamat, Test Kit Sakarin, Test Kit Asam Salisilat, Test Kit Alkalinitas (Alkalinity), Test Kit Asam Sorbat, Test Kit Benzoat, Test Kit Oksalat (Oxalate), Test Kit Tiosianat (Thiocyanate), Test Kit Nitrit, Test Kit Iodat, Test Kit Oksalat, Test Kit Potassium Bromate (Kalium Bromat) dan macam-macam test kit lainnya.

EASY TEST KIT WEB SUPPORT - BAHASA INDONESIA: Easy Test Support, Penawaran Jual, Katalog Produk, ENGLISH LANGUAGE: Easy Test Support, Selling Offers, Products Catalog.

WEB SUPPORT RESMI CV. ET GROUP: CV. ET GROUP Business, Test Kit Shop, dan Easy Test Kit Info.

Tag: analisis cepat, bahan berbahaya pada makanan, easy test, info kita, test kit, test kit borak, test kit formalin, test kit methanyl yellow, test kit pewarna batik, test kit rhodamin b

0 komentar:

Posting Komentar

 
Back to top!