Searching...
Selasa, 04 November 2014

BPOM Cek Produk Tempe Yang Diduga Pakai Pengawet

MANOKWARI – Badan Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Manokwari, Kamis (23/10)  melakukan pengecekan dan pemeriksaan di Distrik Prafi terkait laporan penggunaan bahan pengawet dalam pembuatan tempe sehingga mampu bertahan hingga 2 minggu. Lukas Doso Nugroho, S,Si, Apt salah satu staf BPOM menyatakan, informasi penggunaan bahan pengawet pembuatan tempe ini bersumber dari masyarakat. “Ada info dari masyarakat bahwa ada tempe yang bertahan sampai 2 minggu kami coba telusuri kira-kira kandungan apa yang ada di dalamnya sehingga bisa bertahan lama.

Apakah pengawet yang aman atau tidak. Karena ada pengawet secara aman yang secara hukum diperbolehkan,” jelas Lukas ketika bertindak sebagai narasumber pada acara Bimtek Makanan Dan Mutu Pangan Jajanan Anak Sekolah, di Billy Jaya Hotel, kemarin.
Sementara itu, tentang bahan makanan lain yang berbahaya bagi kesehatan, Lukas mengakui, dalam kurun waktu 2012-2014, BPOM Manokwari menemukan boraks dalam pengawetan.

Namun untuk penjualan makanan yang menggunakan bahan pengawet kayu ini, belum  ditemukan baik di pasar Sanggeng maupun Wosi.“Saat kami dari BPOM belum lakukan pemeriksaan atau turun lapangan masih dijual secara terang-terangan namun setelah kami turun lapangan mereka lalu melakukan penjualan secara sembunyi-sembunyi, dengan alasan masih ada pembeli,” beber Lukas.¨Konsep BPOM, lanjut Lakus, melakukan pengawasan pasar dan memberdayakan masyarakat dengan tidak membeli bahan makanan yang mengandung pengawet yang tidak sehat. Karena menurutnya, jika tidak ada yang beli maka penjual tidak akan menjual.

Namun diakuinya, masih sulit untuk memberantas sampai tuntas karena kebiasaan pembuat kerupuk masih menggunakan boraks masih ada. 
Lukas menjelaskan, boraks adalah bahan pengawet kayu dan antiseptik pengontrol kecoa. Fungsi hampir sama dengan pestisida. Boraks berbentuk kristal putih tanpa bau dan mudah larut dalam air. Digunakan secara ilegal dalam industri makanan bakso dan kerupuk, karena mampu memberi efek bagus pada tekstur makanan. Bakso dengan boraks menjadi kenyal, renyah, dan tahan lama. Kerupuk dengan boraks pun lebih renyah dan empuk. padahal, boraks adalah bahan pembersih dan pengawet kayu, dengan fungsi antiseptik. Boraks bisa menyebabkan gangguan otak, hati, lemak, dan ginjal.

“Di Sorong kita sudah temukan boraks tapi bentuknya orange kayak batu berbeda dengan yang lain, disebut batuki. Kami sudah tegur pedagang dan penjual tersebut sehingga tidak jualan lagi. Namun tetap kami awasi karena katanya masih ada pembeli sehingga bisa saja masih dijual,” ungkap Lukas lagi. ¨Lukas menambahkan, prinsip mereka dari BPOM untuk masalah seperti ini adalah dengan memberi peringatan dan pembinaan. “Jika ketahuan pertama dan kedua kita peringati jika tidak ditanggapi kita proses hukum seperti pada kasus kosmetik yang menggunakan bahan pengawet juga. Ada 9 orang dan saat ini telah diputus di PN,” tukasnya. (lm)

Semua informasi terbaru tentang produk Easy Test dapat anda lihat di, WEBSITE EASY TEST atau di BLOG TEST KIT SHOP

Informasi dan Pemesanan:
Email ke easy4test@yahoo.com / easy4test@gmail.com atau hubungi 085310135381, 085779721597, 087889441075.

Note:
ET Group memproduksi beberapa test kit analisis mutu pangan bermerk Easy Test dengan jenis varian antara lain Test Kit Formalin, Test Kit Boraks, Test Kit Methanil Yellow, Test Kit Rhodamine B, Test Kit Mutu Pangan 4 Varian, Test Kit Formalin Paket Industri, TEST KIT MUTU PANGAN 4 VARIAN (PAKET INDUSTRI), Test Kit Sianida, Test Kit Peroksida, Test Kit Hipoklorit (Kaporit), Test Kit Siklamat, Test Kit Sakarin, Test Kit Asam Salisilat, Test Kit Alkalinitas (Alkalinity), Test Kit Asam Sorbat, Test Kit Benzoat, Test Kit Oksalat (Oxalate), Test Kit Tiosianat (Thiocyanate), Test Kit Nitrit, Test Kit Iodat, Test Kit Oksalat, Test Kit Potassium Bromate (Kalium Bromat) dan macam-macam test kit lainnya.

EASY TEST KIT WEB SUPPORT - BAHASA INDONESIA: Easy Test Support, Penawaran Jual, Katalog Produk, ENGLISH LANGUAGE: Easy Test Support, Selling Offers, Products Catalog.

WEB SUPPORT RESMI CV. ET GROUP: CV. ET GROUP Business, Test Kit Shop, dan Easy Test Kit Info.
bahan berbahaya, bahan tambahan pangan, berita bahan berbahaya, berita kami, boraks, easy test info, formalin, methanil yellow, rhodamine b, test kit, tips cerdas

0 komentar:

Posting Komentar

 
Back to top!