Searching...
Rabu, 19 Februari 2014

Awas! Ayam Potong Asal Sulawesi Mengandung Formalin

NUNUKAN - Warga Nunukan diimbau untuk lebih berhati-hati membeli ayam potong di pasaran. Sebab, tim gabungan pengawasan barang dan makanan siang, Kamis (6/2) menyita ratusan kilogram (Kg) ayam potong dalam keadaan beku siap jual di bilangan Pasar Pagi, Kelurahan Nunukan Timur.

Ayam potong jenis broiler ini diketahui didatangkan dari Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan. Lebih mengejutkan lagi, dari 6 pedagang yang ayam dagangannya dilakukan uji sampel, tiga diantaranya positif mengandung formalin!

“Uji sampel kami lakukan berulang-ulang. Hasilnya tetap sama, positif formalin!,” beber Ramsidah SKM MM.

Kepala Seksi (Kasi) Pembinaan Lingkungan di Dinas Kesehatan (Dinkes) Nunukan ini mengatakan, ayam dagangan yang menunjukkan positif mengandung formalin, akan menjadi keputusan tim gabungan.

Dikatakan Ramsidah, penemuan ratusan kilogram daging ayam potong berformalin ini merupakan hasil pengembangan dinkes. Awalnya, salah seorang pengusaha katering di Nunukan mengajukan permohonan rekomendasi izin usaha.

Setelah dilakukan uji sampel terhadap katering yang bersangkutan, lauk berupa ayam yang telah diolah menunjukkan hasil positif formalin.

“Dari keterangan yang bersangkutan, ayam yang menjadi lauk dalam kateringnya di beli di Pasar Pagi. Makanya hari ini (kemarin, Red) secara tim turun memeriksa. Ternyata benar, banyak ayam yang dijual positif mengandung formalin,” ungkap Ramsidah.

Terpisah, Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Satpol PP Nunukan Eddy SH MH mengatakan, berdasarkan kesepakatan tim, ayam potong yang positif mengandung formalin kita tarik dari pasaran.

“Iya, ayam-ayam ini akan kita sita dan kita bawa ke RPH (Rumah Pemotongan Hewan). Setelah kita buatkan berita acara serah terima, ayam sitaan langsung kita musnahkan,”  ucapnya.

Pijakan aturan yang mendasari penyitaan ayam-ayam berformalin ini yakni Peraturan Daerah (Perda) No 3/2012 tentang peternakan dan kesehatan hewan. “Ancaman hukumannya 6 bulan penjara dan denda Rp 50 juta,” sebut Eddy.

Razia tim gabungan yang terdiri dari Satpol PP, Dinkes dan Disperindagkop dan UMKM Nunukan ini sempat mendapat perlawanan dari salah seorang pedagang ayam. Dia bahkan mencurigai, sampel ayam yang diuji oleh Dinkes Nunukan, tidak berasal dari ayam dagangannya.

Namun setelah tim uji sampel melakukan pengujian ulang sebanyak tiga kali, yang bersangkutan tidak bisa mengelak lagi. “Hasilnya tetap sama, positif formalin,” ujar salah seorang anggota tim uji sampel.

Dari pantuan Radar Nunukan (JPNN Grup), ayam potong jenis broiler di pasar pagi cukup beragam. Ada yang didatangkan dari Sulawesi, Malaysia dan adapula daging ayam lokal.

Namun begitu, ayam lokal maupun ayam potong yang didatangkan dari Tawau, Malaysia, dinyatakan bebas formalin.

Tim gabungan kemudian merekatkan label tanda terdaftar di lapak atau meja pedagang yang dinyatakan bebas formalin.

Warga kemudian diimbau untuk memperhatikan label tersebut sebelum berbelanja di pasar. “Label ini merupakan tanda terdaftar. Artinya warga aman berbelanja ditempat yang sudah diberi label dinkes,” imbuh Ramsidah. (sumber: jpnn.com)

Note:
ET Group memproduksi beberapa test kit analisis mutu pangan bermerk Easy Test dengan jenis varian antara lain Test Kit Formalin, Test Kit Boraks, Test Kit Methanil Yellow, Test Kit Rhodamine B, Test Kit Mutu Pangan 4 Varian, Test Kit Formalin Paket Industri, TEST KIT MUTU PANGAN 4 VARIAN (PAKET INDUSTRI), Test Kit Sianida, Test Kit Peroksida, Test Kit Hipoklorit (Kaporit), Test Kit Siklamat, Test Kit Sakarin, Test Kit Asam Salisilat, Test Kit Alkalinitas (Alkalinity), Test Kit Asam Sorbat, Test Kit Benzoat, Test Kit Oksalat (Oxalate), Test Kit Tiosianat (Thiocyanate), Test Kit Nitrit, Test Kit Iodat, Test Kit Oksalat, Test Kit Potassium Bromate (Kalium Bromat) dan macam-macam test kit lainnya.

EASY TEST KIT WEB SUPPORT - BAHASA INDONESIA: Easy Test Support, Penawaran Jual, Katalog Produk, ENGLISH LANGUAGE: Easy Test Support, Selling Offers, Products Catalog.

WEB SUPPORT RESMI CV. ET GROUP: CV. ET GROUP Business, Test Kit Shop, dan Easy Test Kit Info.
bahan berbahaya, bahan tambahan pangan, berita bahan berbahaya, berita kami, boraks, easy test info, formalin, methanil yellow, rhodamine b, test kit, tips cerdas

0 komentar:

Posting Komentar

 
Back to top!