Searching...
Minggu, 04 November 2012

BPOM Cek Mi Instan dari Korsel yang Diduga Mengandung Zat Pemicu Kanker

Jakarta, Mi instan asal Korea Selatan (Korsel) yang beredar di Filipina ditengarai mengandung bahan kimia yang memicu penyakit kanker. Terkait hal ini, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pun bersikap pro aktif dengan mengecek adakah kandungan zat berbahaya itu di dalam mi instan tersebut.

"Kita sedang mengambil sampel dan kita uji," ujar Deputi Bidang Pengawasan Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya Badan POM RI, Dr Roy Sparringa, saat dihubungi detikHealth dan ditulis pada Sabtu (3/11/2012).

Roy mengatakan pihaknya bertindak pro aktif setelah mendengar kabar Badan Makanan dan Obat-obatan (FDA) Filipina menyatakan ada 6 merek mi instan asal Korsel, terutama yang diproduksi oleh Nongshim Co, akan ditarik dari peredaran.

Apakah ada banyak mi instan yang diproduksi Nongshim Co beredar di pasaran Indonesia? "Saya belum bisa sampaikan ada banyak atau tidak. Yang jelas kami proaktif, kami ambil sampel dan kita uji," tuturnya.

Dia menerangkan BPOM selalu mengambil sampel dan melakukan pengujian terhadap makanan yang menjadi perhatian mengandung zat berbahaya. Namun untuk pengujian itu tentunya butuh waktu.

"Tentu tidak secepat itu, memang butuh waktu," imbuh Roy.

Menurut FDA, otoritas Korsel juga menemukan ada 6 merek mi instan yang terkontaminasi zat kimia. Hasil uji laboratorium menyatakan produk-produk tersebut mengandung 'benzopyrene', sejenis zat kimia yang memiliki potensi karsinogenik atau bisa menimbulkan penyakit kanker.

Dalam pernyataan FDA tidak dijelaskan apakah otoritas Filipina juga melakukan pengujian terhadap produk-produk tersebut. Seperti dilansir AFP, Jumat (2/11) kemarin, pihak FDA tidak bisa dihubungi untuk dikonfirmasi soal hal ini.

Diketahui bahwa sejumlah negara lain, seperti China, Taiwan, dan Vietnam juga telah melakukan penarikan produk-produk asal Korsel tersebut. (vta/mer)

SUMBER ARTIKEL: Nurvita Indarini - detikHealth, Sabtu, 03/11/2012 09:58 WIB

Note:
ET Group memproduksi beberapa test kit analisis mutu pangan bermerk Easy Test dengan jenis varian antara lain Test Kit Formalin, Test Kit Boraks, Test Kit Methanil Yellow, Test Kit Rhodamine B, Test Kit Mutu Pangan 4 Varian, Test Kit Formalin Paket Industri, TEST KIT MUTU PANGAN 4 VARIAN (PAKET INDUSTRI), Test Kit Sianida, Test Kit Peroksida, Test Kit Hipoklorit (Kaporit), Test Kit Siklamat, Test Kit Sakarin, Test Kit Asam Salisilat, Test Kit Alkalinitas (Alkalinity), Test Kit Asam Sorbat, Test Kit Benzoat, Test Kit Oksalat (Oxalate), Test Kit Tiosianat (Thiocyanate), Test Kit Nitrit, Test Kit Iodat, Test Kit Oksalat, Test Kit Potassium Bromate (Kalium Bromat) dan macam-macam test kit lainnya.

EASY TEST KIT WEB SUPPORT - BAHASA INDONESIA: Easy Test Support, Penawaran Jual, Katalog Produk, ENGLISH LANGUAGE: Easy Test Support, Selling Offers, Products Catalog.

WEB SUPPORT RESMI CV. ET GROUP: CV. ET GROUP Business, Test Kit Shop, dan Easy Test Kit Info.
bahan berbahaya, bahan tambahan pangan, berita bahan berbahaya, berita kami, boraks, easy test info, formalin, methanil yellow, rhodamine b, test kit, tips cerdas

0 komentar:

Posting Komentar

 
Back to top!