Searching...
Senin, 05 Desember 2011

Makanan Berformalin Masih Beredar

BARLIAN--Penggunaan formalin dalam beberapa jenis makanan sebenarnya bukan hal baru. Bahkan, sudah berlangsung bertahun-tahun. Sulitnya membedakan produk yang diawetkan dengan formalin boleh jadi sebagai salah satu penyebab masyarakat seperti bersikap acuh terhadap risiko yang ditimbulkan. Perilaku sebagian konsumen yang masih senang memilih produk yang awet berharga murah ditengarai juga menjadi penyebab lain.

Menurut Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Badan Ketahanan Pangan Provinsi Sumatera Selatan Hj Nariman Kiptiah, kebanyakan makanan yang ditengarai mengandung formalin adalah jenis makanan produksi rumah tangga, seperti bakso, tahu, ikan dan sejumlah jenis lainnya. ”Kita sedang melakukan penyuluhan kepada masyarakat tentang bahaya makanan berformalin yang tidak mereka sadari,” tuturnya.

Bahaya formalin pada makanan dapat berakibat kerusakan pada hati, jantung, otak, limpa, pankreas, saraf pusat dan ginjal. Sebenarnya, kata dia, kalau masyarakat peduli, produksi dan peredaran makanan berformalin bisa dicegah. Ia juga berharap masyarakat selektif dalam memilih makanan. Ciri-ciri makanan berformalin sendiri sebenarnya sangat mudah dikenali.

Menurut Hj Nariman, jika makanan tersebut mengandung formalin, tidak rusak sampai dua hari pada suhu kamar 25 derajat celcius. Bila dimasukkan lemari es dengan suhu 10 derajat celcius, makanan tersebut bisa bertahan hingga 15 hari.

“Seperti bakso, bakso itu makanan favorit sebagian besar masyarakat kita, tapi mereka tidak tahu dan tidak menyadari bakso yang mereka makan itu sehat atau tidak,” bebernya.

Ia juga menjelaskan bahwa makanan yang berwarna terlalu cerah seperti kerupuk, ikan, saus, sirup dan lainnya bisa jadi mengandung pewarna terlarang.

“Tugas kita bersama untuk membangun kesadaran dan sosialisasikan pada produsen serta konsumen akan mutu dan keamanan pangan,” pungkasnya.(mg51)

LINK SUMBER ARTIKEL: Pakai link ini

Note:
ET Group memproduksi beberapa test kit analisis mutu pangan bermerk Easy Test dengan jenis varian antara lain Test Kit Formalin, Test Kit Boraks, Test Kit Methanil Yellow, Test Kit Rhodamine B, Test Kit Mutu Pangan 4 Varian, Test Kit Formalin Paket Industri, TEST KIT MUTU PANGAN 4 VARIAN (PAKET INDUSTRI), Test Kit Sianida, Test Kit Peroksida, Test Kit Hipoklorit (Kaporit), Test Kit Siklamat, Test Kit Sakarin, Test Kit Asam Salisilat, Test Kit Alkalinitas (Alkalinity), Test Kit Asam Sorbat, Test Kit Benzoat, Test Kit Oksalat (Oxalate), Test Kit Tiosianat (Thiocyanate), Test Kit Nitrit, Test Kit Iodat, Test Kit Oksalat, Test Kit Potassium Bromate (Kalium Bromat) dan macam-macam test kit lainnya.

EASY TEST KIT WEB SUPPORT - BAHASA INDONESIA: Easy Test Support, Penawaran Jual, Katalog Produk, ENGLISH LANGUAGE: Easy Test Support, Selling Offers, Products Catalog.

WEB SUPPORT RESMI CV. ET GROUP: CV. ET GROUP Business, Test Kit Shop, dan Easy Test Kit Info.

Tag: analisis cepat, bahan berbahaya pada makanan, easy test, info kita, test kit, test kit borak, test kit formalin, test kit methanyl yellow, test kit pewarna batik, test kit rhodamin b

0 komentar:

Posting Komentar

 
Back to top!