Searching...
Rabu, 01 Desember 2010

Makanan pemicu kanker beredar luas

JOMBANG - Puluhan produk makanan mengandung zat berbahaya diamankan tim Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang, Jawa Timur, dalam razia di sejumlah pertokoan, Rabu (1/12). Produk makanan yang dicurigai mengandung boraks dan zat pewarna tekstil atau rhodamin tersebut ditemukan beredar luas di pasaran. Padahal, dalam jangka panjang makanan mengadung zat tersebut dapat memicu terjadinya penyakit kanker.

Razia yang dilakukan oleh sejumlah petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang ini, langsung menyisir sejumlah pertokoan yanga ada di Jalan Wahid Hasyim. Di salah satu toko petugas memeriksa setiap produk yang di pajang di etalase. Sejumlah produk yang diduga kadaluarsa langsung diamankan ke dalam kardus untuk di sita petugas.

Petugas menemukan sejumlah produk yang diduga mengandung bahan pengawet berbahaya atau boraks. Petugas juga menemukan sejumlah produk makanan yang diduga mengandung rhodamin B 12 atau zat pewarna pakaian yang di gunakan dalam makanan. Selain mengamankan produk-produk berbahaya tersebut, petugas juga memberi peringatan dan meminta penjual untuk membuat surat pernyataan.

Anna Dyan, Kasi Farmakmin Dinkes Jombang, usai razia mengatakan keberadaan sejumlah zat berbahaya dalam makanan yang berdar di pasar tersebut sangat merugikan masyarakat. Sebab, dalam jangka waktu panjang bisa memicu sejumlah penyakit berbahaya termasuk penyakit kanker.

“Terkait sanksi kepada penjual yang membandel, kami masih kesulitan karena harus berkordinasi dengan Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM),” katanya.

Razia ini memang sengaja di gelar dalam rangka melindungi konsumen dari produk-produk berbahaya menjelang datangnya Natal dan Tahun Baru. Razia akan terus di gelar secara rutin hingga wilayah ini terbebas dari peredaran produk makanan yang mengandung zat berbahaya tersebut.

AGUNG WIBOWO, Koresponden Jawa Timur, WASPADA ONLINE
Editor: FAZARIS TANTI (dat08/wol)

Note:
ET Group memproduksi beberapa test kit analisis mutu pangan bermerk Easy Test dengan jenis varian antara lain Test Kit Formalin, Test Kit Boraks, Test Kit Methanil Yellow, Test Kit Rhodamine B, Test Kit Mutu Pangan 4 Varian, Test Kit Formalin Paket Industri, TEST KIT MUTU PANGAN 4 VARIAN (PAKET INDUSTRI), Test Kit Sianida, Test Kit Peroksida, Test Kit Hipoklorit (Kaporit), Test Kit Siklamat, Test Kit Sakarin, Test Kit Asam Salisilat, Test Kit Alkalinitas (Alkalinity), Test Kit Asam Sorbat, Test Kit Benzoat, Test Kit Oksalat (Oxalate), Test Kit Tiosianat (Thiocyanate), Test Kit Nitrit, Test Kit Iodat, Test Kit Oksalat, Test Kit Potassium Bromate (Kalium Bromat) dan macam-macam test kit lainnya.

EASY TEST KIT WEB SUPPORT - BAHASA INDONESIA: Easy Test Support, Penawaran Jual, Katalog Produk, ENGLISH LANGUAGE: Easy Test Support, Selling Offers, Products Catalog.

WEB SUPPORT RESMI CV. ET GROUP: CV. ET GROUP Business, Test Kit Shop, dan Easy Test Kit Info.

Tag: analisis cepat, bahan berbahaya pada makanan, easy test, info kita, test kit, test kit borak, test kit formalin, test kit methanyl yellow, test kit pewarna batik, test kit rhodamin b

0 komentar:

Posting Komentar

 
Back to top!